Beli Apartemen Sebagai Hunian? Ini Tipsnya

image

PropertiNews.id, Tangerang - Apartemen / Flat merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil dari suatu ruang bangunan, seringkali disebut “rumah-rumah”. Didalam apartemen itu ada beberapa rumah yang ditinggali oleh keluarga yang berbeda. Apartemen biasanya dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat hiburan serta dekat dengan akses tol.

Apakah Anda sudah siap membeli apartemen? Nah sebelum memutuskan untuk membeli apartemen sebagai hunian, Anda perlu tahu tips-tipsnya:

1. Pelajari Jejak Developer

Banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggal terlantar dan belum terjadi, karena developer bermasalah. Pelajari rekam jejak (track record) developer. Jika Anda membeli sebuah apartemen, Anda 100% bergantung pada developer.

2. Pilihan Apartemen

Jangan hanya bergantung pada satu pilihan apartemen. Sebelum membeli sempatkan waktu untuk berkeliling dan bertanya mengenai harga dan value (lokasi, fasilitas, keuntungan lainnya). Pilih apartemen yang menyediakan ruang untuk Anda beraktifitas dan bernafas, karena pada umumnya banyak apartemen yang sempit dan hanya mengandalkan sarana seadanya saja.

3. Usia Bangunan

Jika Anda membeli apartemen bekas dan bukan apartemen baru, jangan lupa tanyakan usia bangunan nya. Bangunan apartemen yang sudah terlalu tua, tentu saja akan mengeluarkan biaya perawatan yang lebih tinggi, makan sebaiknya pilihlah apartemen baru, meskipun harus menunggu lebih lama untuk ditinggali.

4. Fasilitas

Selalu kenali fasilitas-fasilitas baik yang ada di dalam apartemen maupun fasilitas umum disekitar tempat Anda tinggal, contoh rumah sakit, halte bus (di Jakarta contohnya halte Trans Jakarta), sekolah, kampus, pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, mini market dan stasiun MRT.

5. Faktor Keamanan

Fasilitas keamanan adalah salah satu yang harus dipertimbangkan dan jangan sampai Anda tidak meneliti terlebih dahulu seberapa aman nya apartemen dan lingkungan di sekitarnya. Bagaimana penjagaan di bagian pintu depan apartemen, di dalam apartemen dan tingkat keamanan daerah sekitar apartemen. (TD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo