Yuk, Mengenal Lebih Jauh Mengenai Konsep SOHO

image

PropertiNews.id, Tangerang – SOHO merupakan singkatan dari Small Office Home Office. SOHO merupakan hunian seperti apartemen atau rumah yang di dalamnya dilengkapi berbagai macam fasilitas kantor. Para pemilik hunian tersebut mempunyai izin legal untuk menggunakan rumah ataupun apartemennya sebagai unit hunian maupun sebagai unit kantor.

Biasanya, konsep SOHO ini banyak diterapkan di apartemen dibanding di rumah tapak. Untuk di apartemen, konsep SOHO biasanya berbentuk loft, artinya, unit memiliki plafon yang tinggi. Plafon yang tinggi cocok untuk membangun mezanin, yakni area yang lebih tinggi yang dapat diakses melalui tangga dan bisa digunakan sebagai area tempat tidur atau meja kerja lainnya.

Secara singkat, SOHO adalah sebuah tempat yang berfungsi ganda yaitu sebagai tempat tinggal dan kantor yang berguna untuk melakukan berbagai pekerjaan di dalam rumah. Jenis profesi yang banyak menggunakan SOHO adalah arsitek, penulis, desainer, koki, fotografer, dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan teknologi serta meninjau dari sisi efektivitas dan efisiensi maka banyak orang mulai beralih pada konsep SOHO, karena dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk pulang pergi dari kantor ke rumah, apalagi pada zaman sekarag dimana kemacetan sudah sangat parah.

Kemudian dari segi biaya transportasi juga dapat dihemat, dan yang tidak kalah penting adalah kedekatan dengan anggota keluarga. Dengan berkantor di rumah, kita dapat lebih fleksibel mengatur waktu untuk keluarga dan bekerja sehingga kedekatan tetap terjaga.

SOHO ini bisa jadi pilihan tepat untuk banyak orang terutama orang yang tidak bisa memisahkan rumah dan pekerjaan, atau suka melakukan pekerjaan di rumah. Lalu orang yang mencintai pekerjaannya dan melihatnya sebagai bagian dari gaya hidup. Mereka biasanya “bekerja untuk hidup”.

Perusahaan startup dan pemilik bisnis kecil yang ingin menghemat biaya sewa kantor dengan menggabungkan ruang bekerja dan ruang tinggal, ingin dekat dengan area aktivitas bisnis atau hanya sekedar untuk kenyamanan tidak perlu bepergian untuk pekerjaan sehari-hari.

Harga jual dari SOHO juga relatif terjangkau dibandingkan dengan harus menyewa unit kantor. Menariknya, prospek dari pasar kantor sekaligus tempat tinggal ini menjadikan sejumlah pengembang berminat untuk memasarkannya.

Baca Juga : Hal yang Harus Dilakukan Saat Kartu Akses Apartemen Hilang

Walaupun banyak keunggulan yang bisa didapatkan ketika anda menghuni SOHO, tetap ada beberapa hal yang perlu diprhatikan saat ingin membeli SOHO. Salah satunya adalah SOHO bukanlah murni hunian. Oleh karena itu, developer yang mengembangkan SOHO sudah seharusnya menerapkan standar layaknya perkantoran yang dilengkapi dengan sistem internet, wi-fi, jaringan komunikasi, bahkan mungkin fasilitas ruang pertemuan untuk meeting. Perhatikan pula kapasitas lift dan parkir, karena SOHO membutuhkan area parkir yang luas seperti di gedung perkantoran. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo