Sama Seperti Gedung Slipi, 5 Gedung di Dunia ini Roboh Sendiri

image

Propertinews.id, Tangerang – Kemarin pagi Jakarta kembali dihebohkan dengan berita gedung empat lantai yang roboh di daerah Slipi, tepatnya berada di Jalan Brigjen Katamso, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat pada senin (6/1) pukul 09.20 WIB. Peristiwa ini tidak memakan korban jiwa, namun terapat korban luka yang sudah disampaikan oleh pihak terkait.

Usut punya usut, penyebab runtuhnya gedung tersebut akibat genangan air yang tedapat di atap gedung. Menurut penuturan saksi mata, tidak ada tempat saluran air sehingga genangan air tersebut rembes ke samping gedung.

Ternyata, kasus runtuhnya gedung bertingkat sudah banyak terjadi di belahan dunia. Meski terlihat kokoh, bangunan-bangunan tersebut roboh kendati tidak ada bencana alam yang hebat, seperti gempa bumi. Berikut 5 gedung di dunia yang roboh sendiri tanpa ada sebab yang pasti.

1. Highland Towers, Selangor, Malaysia

Hasil gambar untuk Highland Towers, Selangor, Malaysia

Gedung roboh juga sempat terjadi di negara tetangga, yakni Malaysia. Runtuhnya Highland Towers  sempat menjadi topik hangat di Negeri Jiran. Gedung yang terletak di Taman Hillview, Ulu Klang, Selangor ini terjadi pada 11 Desember 1993.

Tak main-main, runtuhnya hunian vertikal ini memakan korban jiwa sebanyak 48 orang. Penyebab dari runtuhnya gedung ini adalah kandungan air dalam tanah yang menjadi kental layaknya lumpur.

2. Royal Plaza Hotel, Thailand

Gambar terkait

Tak lama sebelum peristiwa runtuhnya Highland Towers di Malaysia, Royal Plaza Hotel di Thailand juga menderita nasib yang sama. Runtuhnya hotel yang terletak di Kota Nakhon Ratchasima ini terjadi pada 13 Agustus 1993.

Akibat runtuhnya penginapan ini, 137 orang meninggal dunia dan 227 lainnya luka-luka. Tak membutuhkan waktu lama, gedung ini runtuh hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 detik. Semua bangunan rata dengan tanah dan hanya menyisakan lift bangunan yang terpisah.

3. Sampoong Department Store, Korea Selatan

Hasil gambar untuk Sampoong Department Store, Korea Selatan

Runtuhnya gedung bertingkat juga pernah terjadi di Korea Selatan pada 19 Juni 1995. Sampoong Department Store di Distrik Seocho, Seoul roboh dan mengakibatkan kematian 502 orang. Tak lama sebelum kejadian, ternyata gedung ini sudah mengalami tanda-tanda kehancuran.

Retak mulai terlihat di dinding-dinding langit lantai lima karena pemasangan AC. Lima jam sebelum peristiwa naas ini terjadi, terdengar suara ledakan dari lantai atas. Karena getaran AC, menyebabkan retakan semakin meluas hingga menyebabkan keruntuhan pada gedung ini.

4. Residential Building Collapse, Mumbai, India

Gambar terkait

Pada 27 September 2013 silam, bangunan Residential Building Collapse yang terletak di daerah Mazagaon, Mumbai rata dengan tanah.

Akibat dari runtuhnya bangunan tersebut, setidaknya 61 orang tewas dan 32 lainnya menderita luka ringan hingga berat. Pihak bersangkutan menyebut bahwa runtuhnya bangunan tersebut terjadi setelah ada oknum yang mendirikan bangunan di loteng tanpa izin.

5. Rana Plaza, Bangladesh

Hasil gambar untuk Rana Plaza, Bangladesh

Peristiwa runtuhnya gedung bertingkat terbesar yang pernah terjadi ada di Bangladesh, tepatnya pada bangunan Rana Plaza di kawasan Saver. Bencana ini terjadi pada 24 April 2013 dan mengakibatkan 1.129  orang meninggal dunia serta 2.515 lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Penyebab runtuhnya gedung komersial dengan 8 lantai ini adalah akibat 4 lantai atas telah dibangun tanpa izin. Arsitek Rana Plaza mengatakan bangunan itu direncanakan untuk toko-toko dan kantor bukan untuk pabrik. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo