Yuk Lihat Berbagai Bendungan Termegah dan Terindah di Dunia

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bendungan merupakan sebuah konstruksi yang khusus dibangun untuk menahan laju air sebelum ditampung ke dalam sebuah waduk atau danau buatan. Mayoritas bendungan dibuat untuk mengalirkan air ke mesin PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Sebagian diantaranya juga dilengkapi dengan pintu air untuk membuang air yang sudah melebihi daya tampung. Nah, ternyata di berbagai negara ada beberapa bendungan yang bukan hanya berfungsi sebagai penahan air, namun juga memiliki keindahan dan kemegahan yang mempesona. Ingin tahu apa saja ? Berikut ini kami sajikan artikelnya untuk anda.

Bendungan Robert Bourassa – Kanada

Hasil gambar untuk Robert Bourassa – Kanada

Konstruksi bendungan ini dibangun pada tahun 1974 dan selesai pada 1981. Bendungan ini dibuat untuk menahan laju air Sungai La Grande. Pada bagian bawah bendungan dibuat tangga raksasa yang atraktif sehingga di area tersebut terdapat banyak wisatawan yang berkunjung. Di sisi kanan dan kiri tangga raksasa bendungan ini terdapat tebing yang ditutupi pepohonan. Pemandangan pada bendungan di Kanada ini didominasi oleh warna biru dari air dan langit warna hijau dari pepohonan.

Glen Canyon Dam – Amerika Serikat

Hasil gambar untuk Glen Canyon Dam – Amerika Serikat

Bendungan ini dibangun sepuluh tahun lamanya pada tahun 1956 hingga 1966. Membendung Sungai Colarado yang membelah Arizona. Akibat bendungan itu, terbentuk sebuah danau besar bernama Danau Powell, yang merupakan danau buatan terbesar kedua di Amerika Serikat.

Sayano Shushenskaya Dam – Rusia

Gambar terkait

Bendungan ini berada di Khakassia dan membendung Sungai Yenisei. Bendungan ini sangat ajaib karena sama sekali tidak mengalami keretakan ketika gempa bumi 8.0 skala richter mengahantam kota itu.

Bendungan Sampean Baru – Indonesia

Hasil gambar untuk Bendungan Sampean Baru

Berbeda dengan kebanyakan bendungan di Indonesia, Bendungan Sampean Baru ini mengalirkan air yang jernih. Tampilannya pun sangat indah sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berfoto. Bendungan megah ini tepatnya berada di Bondowoso dan diresmikan pada tahun 1983. Tingginya mencapai 26 meter, panjangnya 670 meter, dan lebarnya 4 meter.

Ngarjuna Sagar – India

Hasil gambar untuk Nagarjuna Sagar – India

Bendungan ini berada di distrik Nalgonda di Andhra Pradesh India. Bendungan ini merupakan bendungan yang digadang-gadang paling besar di Benua Asia dan memiliki 26 gerbang puncak individu. Bendungan ini jika dilihat dari konstruksinya maka merupakan bendungan yang paling tinggi di dunia, dan merupakan danau terbesar nomor tiga buatan manusia.

Fungsi utama bendungan ini digunakan untuk mengairi lahan yang berada di sekitarnya. Selain berfungsi untuk mengaliri lahan yang ada di sekitarnya, bendungan ini juga berfungsi sebagai objek wisata bagi masyarakat yang berada di wilayah tersebut. Banyak masyarakat yang berkunjung untuk melihat atau menikmati suasasana di sekitar bendungan tersebut. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo