Ini Dia Desain Terbaru Stasiun Manggarai yang akan Gantikan Stasiun Gambir

image

PropertiNews.id, Tangerang – Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun sentral di Jakarta. Nantinya kereta jarak jauh yang dilayani di Stasiun Gambir akan pindah ke stasiun tersebut pada 2021 mendatang.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen Kemenhub) Supandi menjelaskan, nantinya Stasiun Manggarai akan menjadi tiga tingkat. Tingkat pertama atau at grade akan terdiri dari 8 jalur kereta.

“Di bawah 8 (jalur) tadi dedicated rencananya untuk KA Commuter Line Bekasi Line itu 6 (jalur), 2 dedicated untuk KA Bandara. 10 jalur ini dedicated rencana untuk KA jarak jauh 6 jalur, 4 jalur untuk KRL Bogor Line” kata Supandi.

Di lantai satu nantinya akan dijadikan pelayanan terhadap penumpang, mulai dari pelayanan tiket, pelayanan untuk kereta jarak jauh, KRL Jabodetabek, hingga kereta bandara.

Baca Juga : Jokowi Teken Perpres, Nama Properti Wajib Gunakan Bahasa Indonesia

Supandi menjamin, dengan pemisahan jalur tersebut akan meminimalisir antrean penumpang di Staiun Manggarai seperti yang masih terjadi saat ini. Antrean ini disebabkan kareta yang mau masuk atau keluar Manggarai harus menunggu kereta lain lewat. Dengan konsep bertingkat, Stasiun Manggarai juga akan dilengkapi dengan 14 eskalator dan 14 lift untuk difabel. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo