Menteri Perhubungan Resmikan Bandara Letung di Kepulauan Anambas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meresmikan Bandara Letung yang terletak di Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Peresmian bandara tersebut dilakukan Budi Karya usai mengunjungi Danau Toba.

Menhub Budi mengatakan, kehadiran Bandara Letung diharapkan dapat mengingkatkan perekonomian dan potensi pariwisata di salah satu pulau terluar Indonesia yang ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Laut Nasional.

“Kepulauan Anambas merupakan destinasi wisata yang sangat indah, dengan adanya Bandara Letung dapat menunjang potensi-potensi tersebut dengan mendatangkan banyak turis asing maupun lokal” kata Budi.

Budi juga mengatakan, pembangunan Bandara Letung merupakan wujud nyata dari kehadiran pemerintah dalam mewujudkan konektivitas dan juga pembangunan infrastruktur yang Indonesia sentris.

Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan Menteri Perhubungan untuk mewujudkan konektivitas khususnya bagi daerah-daerah terluar. Kabupaten Kepulauan Anambas ini terletak di utara Indonesia yang di wilayahnya 96% merupakan lautan.

Dalam beberapa waktu kedepan, Bandara Letung direncanakan akan terus dilakukan pengembangan.

“Pada 2021 nanti direncanakan akan dilakukan pengembangan. Runway akan diperpanjang hingga 1.600 meter sehingga segala jenis pesawat ATR dapat mendarat” lanjut Budi.

Sebagai informasi, Bandara Letung yang terletak di Pulau Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas dibangun sejak tahum 2014 dan mulai beroperasi tahun 2016 dengan total investasi sekitar Rp 200 miliar menggunakan APBN.

Baca Juga : Sempat Tertunda, LRT Jabodebek Tahap Pertama Cibubur-Cawang Diuji Coba 18 Oktober

Bandara ini memiliki panjang runway 1.400 x 30 meter sehingga dapat didarati pesawat ATR 72, taxiway 125 x 15 meter dan apron 125 x 70 meter. Dari sisi terminal, Bandara Letung mempunyai terminal seluas 600 meter persegi, Gedung administrasi seluas 120 meter persegi dan gedung VIP seluas 100 meter persegi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo