REI Minta Pengusaha Properti untuk Cari Pendanaan Alteratif di Pasar Modal

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kebutuhan industri properti terhadap permodalan cenderung mengalami peningkatan dari tahun kentahun seiring dengan meningkatnya aktifitas pembangunan properti. Sejauh ini, perbankan masih menjadi tempat pinjaman utama untuk sebagian besar perusahaan properti.

Namun, masih lesunya pasar dan tingkat suku bunga dasar perbankan yang fluktuatif membuat perusahaan properti membutuhkan opsi pendanaan lainnya.

Oleh sebab itu, kalangan pengusaha properti diajak untuk menggunakan pendanaan alternatif melalui instrumen pasar modal untuk mendukung aktivitas bisnisnya. Kenyataan yang ada sekarang ini, kalangan pengusaha anggota Real Estate Indonesia (REI) di DKI Jakarta belum banyak memanfaatkan sarana go public untuk mendapatkan pendanaan yang lebih luas.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI DKI Jakarta Arvin Iskandar menjelaskan seiring dengan peningkatan aktivitas pembangunan, dibutuhkan opsi pendanaan lain seperti di pasar modal.

 “Karena itu, kami mengajak dan mendorong anggota REI, khususnya perusahaan yang merupakan anggota REI DKI Jakarta untuk lebih maju dan berkembang dengan cara mencari pendanaan alternatif melalui pasar modal” kata Arvin.

Baca Juga : Luhut : 30 Investor Minati Garap Proyek Ibu Kota Baru

Arvin juga mengatakan, untuk permodalan dalam melakukan ekspansi usaha, selama ini sebagian besar perusahaan anggota REI di DKI Jakarta masih sangat bergantung pada dana jangka pendek, lewat perbankan atau bahkan lewat modal sendiri. Padahal, industri properti merupakan industri yang padat modal.

Sumber-sumber pendanaan jangka panjang yang bisa dipilih oleh pengembang properti di pasar modal adalah seperti saham, obligasi, dan instrumen di pasar modal lainnya.

DPD REI DKI Jakarta dengan sekitar 400 perusahaan akan terus melakukan sosialisasi kepada anggotanya yakni pengusaha properti agar tertarik untuk melantai di bursa. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo