Sekitar 1.377 Rumah akan Tergusur Akibat Reaktivasi Rel Jalur Rangkasbitung-Labuan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Diperkirakan sebanyak 1.377 rumah akan tergusur akibat dari program reaktivasi rel kereta api jalur Rangkasbitung-Labuan sejauh 18,7 kilometer.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta Banten, Rode Paulus Gagok Pudjiono mengatakan, angka 1.377 rumah tersebut merupakan data terpadu yang disampaikan oleh PT KAI, BPN, dan pemerintah daerah. Data ini akan digunakan oleh tim independen KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik) untuk menghitung pemberian santunan.

“Pendataan awal kami 1.377 rumah terdampak dari kegiatan ini, untuk fasilitas umum seperti rumah ibadah, kami akan relokasi. Jadi nanti bangunan kami siapkan, untuk lahan disiapkan warga atau dari pemda” kata Rode.

Proses pendataan akhir akan dirampungkan pada bulan ini. Dengan demikian, hasilnya bisa diserahkan ke KJPP yang ditunjuk dan kini sedang dalam proses lelang pengadaan jasa. Jika semua berjalan lancar, kompensasi bangunan terdampak bisa dilakukan pada satu atau dua bulan ke depan.

Cepat lambatnya pembayaran ganti rugi pembebasan tanah bergantung pada masyarakat yang mau menerima uang santunan tersebut atau tidak. Namun pihaknya menargetkan tahun 2021 reaktivasi sudah mulai dilakukan untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Wisata Tanjung Lesung, di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Baca Juga : Per 12 Februari 2020, Tarif Tol Tangerang-Merak Mengalami Kenaikan

Berdasarkan aturan yang berlaku, mereka yang akan mendapatkan kompensasi adalah bangunan yang telah berdiri minimal selama 10 tahun. Disinggung adanya bangunan yang tak memenuhi ketentuan tersebut, Rode mengaku masih memiliki peluang untuk dibayar. Hal itu sepenuhnya tergantung dari hasil penilaian KJPP.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengaktifkan kembali (reaktivasi) jalur kereta api (KA) rute Rangkasbitung-Pandeglang. Reaktivasi jalur ini akan dimulai dalam waktu dekat dan ditargetkan rampung pada akhir 2020. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo