Inspirasi Desain Carport untuk Rumah Minimalis

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bagi banyak orang kebanyakan, garasi dan carport adalah sama saja. Memang benar, baik garasi dan carport adalah tempat menyimpan kendaraan bermotor, terutama roda empat. Padahal ada perbedaan mencolok.

Secara fisik carport umumnya semi terbuka dengan atap. Halaman yang menjadi jalur masuk menuju pintu depan rumah cukup diberi atap dan seketika punya fungsi jadi tempat menyimpan mobil. Sedangkan garasi berupa ruang penyimpanan tertutup, kerap menyatu dengan rumah, lengkap dengan lantai, dinding dan langit-langit.

Bagi anda yang memiliki rumah minimalis, carport yang dibuat terbuka ini menjadi salah satu elemen yang cukup penting untuk meletakkan kendara anda. Bagi anda yang bingung untuk men-desain carport anda, kami telah menyediakan inspirasi yang bisa anda ikuti.

Carport di Samping Bangunan Utama

Jika lanskap rumah masih sangat luas namun anda tidak menginginkan garasi kendaraan yang tertutup, desain ini bisa menjadi acuan untuk carport di rumah. Letaknya yang berada tepat di sebelah rumah ini di desain dengan merancang atap miring dan juga pagar pelindung. Warna dari atap carport bisa anda sesuaikan dengan warna rumah sehingga terasa serasi dan juga harmonis dari luar.

Carport dengan Dinding dan Lantai Beton

Banyak orang yang membuat lantai carport tanpa memperhatikan kekuatan struktur, padahal sesuai fungsinya carport memerlukan konstruksi lantai dan material yang kuat untuk menahan beban berat kendaraan. Konstruksi lantai carport wajib menggunakan tulangan besi beton. Lantai carport juga sebaiknya memiliki fondasi rolag pada sekelilingnya agar tak mudah bergerak atau pecah akibat beban yang ditanggungnya. Setelah itu, untuk lantai carport minimalis dari beton cor selesai dibuat, lantai dapat saja dibiarkan terekspos semennya tanpa dilaposo apapun lagi.

Baca Juga : Ide Keren Mengubah Fungsi Garasi Rumah

Sedangkan untuk atap carport minimalis ini bisa dinaungi atap rangka besi bercat hitam, dengan permainan ukuran besi sebagai perkuatan sekaligus variasi garis manis yang memperkuat kesan minimalis nan elegan.

Carport dengan Panel Surya

Carport satu ini bisa dibilang terlihat sangat modis dan juga berteknologi tinggi. Perpaduan metal yang dirancang elegan menampilkan keunikan dari parkiran kendaraan ini. Selain desainnya yang menarik, penggunaan panel surya pada atapnya pun menjadi carport dengan tampilan mewah ini multifungsi karena dapat menyimpan panas yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam penggunaan listrik.

Carport Underground

Ide brilian lain dari kami yang bisa anda tiru adalah carport underground. Apalagi jika anda memiliki mobil mewah dengan harga yang cukup fantastis. Dengan memarkirnya di carport underground bisa menghindari kendaraan anda dari incaran pencuri. Selain tidak terlihat, konsep carport rumah underground juga dapat menghemat lahan. Berbeda dengan carport rumah pada umumnya, carport underground menggunakan desain pintu otomatis yang akan membawa mobil anda menuju lahan parkir di bagian bawah tanah rumah anda.

Carport Minimalis dengan Keramik Berpola

Motif, tekstur dan warna keramik yang variatif menjadikan material ini cukup banyak dipilih menjadi material penutup lantai carport. Untuk menjadikannya carport minimalis, anda bisa memilih kemarin dengan motif dan warna yang dominan putih, hitam, abu-abu, atau cokelat.

Baca Juga : Inspirasi Menata Balkon Rumah Menjadi Lebih Fungsional dan Nyaman

Selain memperhatikan warna dan motif, pemilihan keramik harus juga memperhatikan tekstur, ukuran dan kekuatan keramiknya. Karena lantai carport haruslah menggunakan material yang kuat mengingat beban di atasnya cukup berat dan lantai harus menanggung beban dalam waktu yang relatif lama. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo