Kenali Tanda Atap yang Sudah Harus Diganti

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mengganti atap merupakan proyek yang tidak diinginkan banyak orang. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan cenderung tinggi. Selain biaya, waktu yang diperlukan untuk mengganti atap pun juga cukup lama.

Dengan mengetahui hal ini, jika Anda tidak segera mengganti atap saat Anda melihat tanda kerusakan, hal ini dapat mengakibatkan reparasi yang membutuhkan lebih banyak biaya. Masalah yang paling sering ditemui adalah air yang akan merembes melalui kerikil dan menyebabkan kerusakan struktur di bawahnya. Hal ini yang menyebabkan jamur muncul di rumah.

Baca Juga: Jangan Habiskan Uang Anda untuk Proyek Renovasi Ini

Selain itu, rumah akan terlihat jelek jika atap terlihat tua dan penuh kerusakan. Berikut beberapa tanda atap sudah harus diganti.

1.       Sela Atap Sudah Jelek

Cara paling mudah untuk mengetahui bahwa atap sudah perlu diganti adalah dengan melihat sela atap sudah terlihat dalam kondisi buruk. Terdapat beberapa cara untuk menentukan apakah Anda membutuhkan atap baru.

Lihat apakah ujung sudah berbentuk keriting atau cembung seperti gelas. Selain itu, periksa apakah terdapat retakan atau tambalan yang sudah botak.

2.       Lumut

Tanda lain yang dapat Anda amati adalah jika Anda melihat lumut yang tumbuh di sekitar atap. Meski lumut di atap dapat membuat rumah terlihat seperti rumah yang ada di dongeng, lumut dapat berupa tanda dari masalah yang potensial. Lumut tidak secara otomatis merupakan tanda Anda perlu mengganti atap. Tapi, lumut dapat memberi tanda kerusakan yang tersembunyi.

Permasalahan dari lumut adalah saat ketika hujan, lumut menyerap air seperti sepon dan menyimpan airnya. Tujuan dari sela di atap adalah untuk membuat air untuk turun ke bawah. Dengan tumbuhnya lumut, air akan tertahan dan tidak turun ke bawah. Air yang menumpuk ini akan berujung pada kerusakan atap dan meresap ke dalam lapisan yang menyebabkan munculnya jamur.

3.       Pertimbangkan Umur Atap

Faktor lain yang menentukan apakah sudah saatnya Anda mengganti atap adalah umur dari atap itu sendiri. Ini bukan merupakan tanda peringatan yang dapat dilihat, namun perlu diingat. Atap yang berumur 20 tahun mungkin perlu diganti dengan atap yang menggunakan material lebih baik.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah

Atap yang terbuat dari tembaga atau beton yang dapat bertahan selama lebih dari 50 tahun, sedangkan atap yang terbuat dari kayu dapat bertahan 30 tahun. Jadi, tergantung dari material dari atap Anda, pertimbangkan umur dan saat untuk mengganti atap Anda.

Dikarenakan mengganti atap merupakan investasi yang besar, maka mengganti atap dengan material yang lebih kuat merupakan pilihan yang tepat. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo