Tips Pintar Memilih Atap Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebelum membangun rumah, salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah atap rumah. Atap rumah merupakan finishing penutup atap yang mempunyai manfaat yang besar baik bagi segi fungsi maupun estetika. Menurut fungsinya, atap memiliki peran sebagai penutup ruangan dari hujan, terpaan angin, dan terik matahari. Dalam perkembanganya kini atap rumah juga menjadi salah satu fashion rumah.

Oleh karena itu, pemilihan jenis dan model atap rumah anda harus bijak dan tahan lama, karena atap posisinya di luar ruangan dan sebagai penutup pelindung. Pemilihan atap rumah semestinya terbuat dari bahan yang tahan dalam segala kondisi cuaca dan terjamin kekuatannya.

Berikut ini kami menyediakan tips pintar untuk anda memilih atap rumah yang tepat.

Mempertimbangkan Keadaan Cuaca

Salah satu faktor terpenting yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan memilih jenis atap rumah yaitu cuaca dan suhu yang ada pada daerah rumah anda karena bahan pada atap tersebut sangat mempengaruhi keawetan pada saat digunakan nantinya.

Baca Juga : Desain Rooftop yang Bikin Betah di Rumah

Misalnya, dapat dicontohkan dengan pemakaian seng pada atap rumah namun pada daerah rumah anda sering terjadi angin besar, ini sangatlah tidak cocok untuk dipakaikan karena akan membuat seng tidak bertahan lama dan pastinya selalu bergonta - ganti seng setiap kali terjadi angin besar.

Pemilihan Kerangka Atap

Pentingnya peranan kerangka atap dalam membangun sebuah rumah. Dalam pemilihannya harus bisa tahan terhadap sinar matahari dan hujan. Bahkan, untuk kerangka atap haruslah kuat dan kokoh dikarenakan mempunyai peranan penting dalam menopang atap rumah anda. Kami menyarankan anda menggunakan bahan dari baja yang sudah modern, kokoh, kuat, serta terbebas dari rayap.

Perhatikan Instalasi Atap

Beberapa atap yang tersedia di pasaran banyak sekali macamnya. Mulai dari yang mudah dalam pemasangannya, dan ada pula yang sulit. Untuk anda yang merencanakan pemasangan atap rumah sendiri, sebaiknya anda memilih jenis atap yang mudah untuk dipasang.

Namun, mengingat proses instalasi (pemasangan) yang cenderung sulit, maka sangat disarankan untuk anda menggunakan jasa ahli dalam memasang atap, baik itu saat pemasangan atap maupun rangkanya. Jangan terperangkap oleh harga murah, pengerjaan yang baik dengan tawaran garansi dalam waktu tertentu bisa menjadi opsi terbaik untuk anda yang tidak memahami benar soal pemasangan atap.

Ketebalan Bahan Atap

Ketebalan bahan atap sangatlah bervariasi dan berbeda-beda. Dalam pemilihannya, perlu diperhatikan kebutuhan dari rumah anda serta sesuai dengan selera anda agar rumah terkesan lebih indah untuk dipandang. Jangan sampai ketebalan atap menganggu nilai estetika rumah anda.

Estetika Atap

Tips selanjutnya dalam memilih atap adalah keindahannya. Nilai estetika atau keindahan lebih banyak ditonjolkan dalam bentuk genteng dan warna genteng. Disini ada beberapa yang salah kaprah mengartikan estetika atap. Kebanyakan orang mengartikan atap yang indah adalah yang mengikuti tren saat ini. Padahal nilai estetika yang benar adalah sinkronisasi antara desain atap dengan konsep rumah anda.

Baca Juga : Inspirasi Desain Pagar Rumah yang Elegan dan Menawan

Tidak semua atap yang sedang tren saat ini cocok untuk rumah anda. Sebaiknya, dalam memilih desain atap, konsultasikan terlebih dahulu dengan arsitek agar keindahannya akan muncul ketika digabungkan dengan konsep rumah anda.

Mempertimbangkan Harga

Yang harus anda pertimbangkan juga adalah pengeluran terhadap pembelian atap rumah, pilihlah sesuai dengan rumah anda dan anda harus mengetahui masing - masing dari jenis atap rumah. Sesuaikan juga pada keadaan keuangan anda. Jika anda pintar dalam meminimalisir pengeluaran anda sebaiknya memilih barang yang bagus namun harganya murah. karena tidak semua barang mahal memiliki kualitas yang bagus. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo