Bisnis Sewa Gudang Semakin Menguntungkan Karena e-Commerce

image

PropertiNews.id, Tangerang – Perkembangan perusahaan jual-beli secara elektronik (e-commerce) berdampak positif pada bisnis properti, khususnya sektor logistik. Bisnis pergudangan modern terpadu dinilai sebagai sektor yang paling menjanjikan untuk saat ini.

Maraknya belanja online meningkatkan permintaan gudang utamanya dari perusahaan ekspedisi maupun juga perusahaan penyedia jasa belanja online untuk menyimpan sementara produknya sebelum dikirim ke konsumen.

Lembaga Konsultan Propeti, Jones Lang Lasalle (JLL) menilai, terbatasnya pasokan meningkatkan permintaan menjadi salah satu faktor yang membuat pengembang makin melirik sektor penyedia gudang penyimoanan modern (modern warehouse).

Kepala Riset JLL, James Taylor mengungkapkan, saat ini luas pasokan modern warehouse di wilayah Jabodetabek baru mencapai 1 juta meter persegi (m2). Jumlah itu diklaim masih relatif rendah jika dibandingkan negara-negara tempat menjamurnya bisnis e-commerce, seperti China dan Singapura.

“Kalau di Singapura dan China, total luasan gudang penyimpanan modern bisa mencapai beberapa juta meter persegi. Untuk modern warehouse yang dibangun atas permintaan langsung tenant, tingkat keterisiannya sudah 100 persen. Untuk gudang yang disewakan, tingkat keterisiannya saya perkirakan lebih dari 90 persen” katanya.

Baca Juga : Bisnis Sewa Gudang Makin Meningkat

Masuknya perseroan ke bisnis pergudangan sekaligus sebagai jurus penguatan pendapatan berkesinambungan (recurring income). Tahun 2019 bisnis sewa gudang diyakini memperkuat keuangan perseroan. Jumlah pendapatan yang akan dikantongi cukup signifikan. Hal tersebut mengingat luas area yang dimiliki dan calon penyewa utama adalah perusahaan ternama. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo