Tips Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Semakin Produktif

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bagi sebagian orang, bekerja di rumah tentu saja menjadi kenikmatan tersendiri. Selain tidak harus datang ke kantor setiap hari, orang yang bekerja di rumah biasanya dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel. Terlebih, bekerja di rumah merupakan impian banyak orang, terutama karena terhindar dari kemacetan dan tekanan dari atasan.

Jika Anda bekerja di rumah, tentu diperlukan ruang kerja yang memisahkan urusan pribadi dan urusan profesional. Ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang kreatif untuk Anda menemukan ide-ide bisnis dan membantu Anda untuk tetap fokus dengan pekerjaan.

Ingat bahwa ruangan tempat Anda bekerja harus didesain agar Anda dapat tetap fokus dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, desain kantor mungil Anda harus menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut beberapa tips untuk Anda agar aktivitas bekerja dari rumah semakin produktif.

1.       Perabot yang Mudah Dipindah

Dengan desain kantor yang itu-itu saja, Anda mungkin dapat merasa bosan di kemudian hari. Untuk menjaga kreativitas dan semangat Anda, renovasi terhadap ruang kerja perlu dilakukan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih furnitur yang Anda beli dengan lebih hati-hati.

Hindari penggunaan meja atau lemari yang terlalu besar. Hal ini dikarenakan perabot yang besar dapat menghalangi Anda untuk melakukan dekorasi ulang terhadap ruangan. Gunakan perabotan yang dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah, ukuran yang tidak terlalu besar, dan berat yang cukup ringan.

2.       Jangan Samakan dengan Ruang Bersantai

Kesalahan yang sering ditemukan dari ruang kerja orang yang bekerja di rumah adalah desain yang mengedepankan kenyamanan. Perlu diingat bahwa ruangan tersebut merupakan tempat Anda untuk bekerja dan menemukan ide-ide bagi bisnis Anda. Jangan samakan ruang tersebut dengan ruang baca di mana Anda bisa bersantai sembari duduk di kursi malas dan membaca buku.

Singkirkan sofa yang nyaman dari ruangan Anda karena hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas. Anda tidak perlu membuat ruangan kerja Anda menjadi terlalu nyaman. Desain ruangan yang dapat memprovokasi dan memacu kreativitas Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan papan tulis kecil dan kalendar di salah satu sisi ruangan.

3.       Rapihkan Meja Kerja

Meja yang berantakan dapat mempengaruhi semanngat kerja Anda. Selain itu, meja kerja yang tidak tertata dengan baik akan menyulitkan Anda untuk menemukan barang-barang yang Anda butuhkan.

Untuk meningkatkan produktivitas Anda, susun barang-barang dengan lebih teratur. Sebagai contoh, Anda dapat menyatukan dokumen-dokumen yang berserakan ke dalam satu map dan diletakkan di laci, alat tulis yang diletakkan pada tempatnya.

Secara psikologis, merapikan ruang kerja dapat mempengaruhi mood Anda menjadi lebih baik. Dengan ini, Anda akan selalu produktif setiap harinya.

4.       Pemandangan Luar Ruangan

Letakkan meja kerja Anda dekat dengan jendela. Jika jendela Anda memiliki pemandangan ke taman di rumah Anda, hal ini dapat menjadi nilai tambah. Anda dapat menjadi lebih bersemangat saat ruang kerja Anda memiliki akses terhadap pemandangan luar ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati hembusan angin alami dan cahaya matahari langsung.

Dengan mood yang baik, produktivitas juga dapat meningkat. Bayangkan Anda bekerja sembari menyaksikan pepohonan hijau yang ada di luar. Hal ini tentu dapat menjadi pelarian sementara setelah beberapa jam menatap dokumen dan layar komputer Anda. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo