Yuk Kenali Pengertian Void Rumah Serta Manfaatnya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Dalam merancang berbagai jenis-jenis rumah tinggal, Anda pasti pernah mendengar istilah void rumah kan? Atau mungkin Anda sama sekali tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan void?

Void rumah merupakan sebuah ruangan kosong terbuka yang letaknya berada di tengah-tengah ruangan atau konstruksi dua lantai. Untuk hunian rumah, void biasanya diaplikasikan pada bangunan yang memiliki lebih dari satu lantai. Namun, rumah berlantai satu pun dapat membuat void, dengan syarat memiliki plafon yang ukurannya lebih tinggi.

Void rumah dapat membantu memberikan lebih banyak cahaya dan menambah estetika rumah. Nah untuk mengetahui, apa sih manfaat dari void rumah ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengalirkan Udara Segar Diantara Lantai

Keberadaan rongga atau ruang terbuka memungkinkan udara panas di lantai dasar mengalir ke atas dan diganti dengan udara dingin. Dengan demikian, udara dalam ruangan akan berganti secara alami.

Sumber Pencahayaan Alami

Kehadiran void rumah bisa dimanfaatkan sebagai strategi menangkap lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam hunian. Hal ini tentunya akan membuat pencahayaan alami rumah Anda jadi lebih baik. Untuk itu, selalu perhatikan arah dan sudut datang dari matahari dalam merancang void rumah agar pencahayaan alami yang didapat dari menghadirkan void rumah menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Ini Dia Tren Warna Cat untuk 2020

Kesan Luas dan Lapang Dalam Rumah

Void cocok diterapkan di rumah minimalis dengan ruang terbatas. Penggunaan void akan berdampak pada segi visual karena menciptakan ilusi pada ruangan, sehingga terlihat lebih luas dan lapang. Jika void dipadukan dengan skylight, rumah akan mendapatkan cahaya matahari alami.

Memberikan Suasa Rumah yang Lebih Dinamis dan Tidak Monoton

Salah satu hal yang sudah pasti akan dirasakan pada saat memiliki void rumah adalah suasana yang lebih dinamis. Kehadiran void akan membantu membuat rumah tidak terasa terlalu datar dan juga membuat variasa ukuran dari ruangan di dalam rumah. Rancangan void rumah membuat interior juga jauh dari kesan monoton dan membosankan. Dengan adanya void, kreasi desain rumah juga bisa dieksplorasi lebih banyak dan dalam. Terlebih lagi, penempatan void yang tepat bisa membuat rumah lebih megah dan elegan.

Baca Juga : Percantik Tampilan Kamar Anda dengan Kreasi Hiasan Dinding Ini!

Hemat Energi

Void membuat Anda lebih berhemat dalam menggunakan listrik karena sinar matahari dapat masuk dengan bebas dan penggunaan lampu dapat diminimalkan. Sistem sirkulasi udara yang lebih sejuk pun membuat Anda tidak perlu lagi menggunakan AC terlalu sering.

Nah itu dia tadi pengertian dari void rumah serta beberapa manfaatnya jika Anda memiliki void di dalam rumah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo