Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Memulai Investasi Tanah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi properti ternyata tidak melulu berbicara rumah, apartemen, dan ruko. Ada satu lagi instrumen investasi properti yang tidak kalah menguntungkan, yakni investasi tanah.

Investasi tanah dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan. Sebab harga sebidang tanah selalu mengalami kenaikan hampir setiap tahunnya. Bahkan tidak ada dalam kamus jual beli bahwa harga tanah mengalami penurunan.

Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwa walaupun tanah memiliki berbagai keuntungan yang menggiurkan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan dengan seksama ketika memilih tanah untuk investasi, karena bukan tidak mungkin hal ini malah akan menjadi senjata makan tuan bagi Anda. Hal-hal tersebut mencakup apa saja? berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar investasi Anda menguntungkan :

Lokasi Tanah

Menentukan lokasi tanah ini merupakan hal yang sangat penting sekali, dalam hal ini Anda harus benar-benar jeli dalam memperkirakan tanah mana yang berpotensi mengalami kenaikan harga yang tinggi. Umumnya tanah yang berlokasi di pusat-pusat bisnis dan industri berpotensi mengalami kenaikan harga yang tajam, begitu juga dengan lokasi yang merupakan kawasan pemukiman.

Selain itu, kawasan yang sedang dikembangkan juga memiliki prospek yang cukup bagus, seperti lokasi yang sedang dikembangkan untuk pusat pendidikan, bisnis dan industri baru, proyek-proyek pemerintah, dan lain sebagainya. Tanah yang berlokasi di kawasan yang sedang dikembangkan ini sering disebut sebagai tanah setengah matang, maksudnya tanah yang siap dimasak untuk mendatangkan keuntungan yang tinggi.

Baca Juga : Ingin Mulai Investasi Properti. Kenali Dulu Jenis yang Paling Menguntungkan

Kondisi Tanah

Kondisi tanah yang dimaksudkan dalam poin ini adalah lebih kepada bentuk tanah. Misalnya betuk tanah tersebut apakah persegi, persegi panjan atau trapesium. Sebab para pembeli pastinya akan mempertimbangkan bentuk tanah. Apalagi jika pembeli membutuhkan tanah untuk bangunan rumah atau toko pastinya mereka akan memilih bentuk tanah persegi atau trapesium. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan hal ini, sebab secara langsung hal ini berhubungan dengan permintaan pasar dan minat pasar. Jangan sampai menganggapnya sepele, sebab tujuan anda berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Selain bentuk kontur tanah juga harus anda perhatikan. Sebab rata-rata para pembeli berminat terhadap tanah yang datar. Tanah yang mirinh cenderung tidak diminati, sebab resiko terjadinya longsor cukup besar.

Legalitas dan Kelengkapan

Nah, poin paling penting dalam investasi tanah adalah selalu perhatikan kelengkapan legalitas tanah. Sebab ini merupakan nilai jual dari investasi tanah. Jangan sampai investasi ini kemudian membuat rugi karena sengketa lahan akibat ketidak lengkapan legalitas. Oleh karena itu, benar-benar periksa semua kelengkapan surat tanah. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Mulai dari sertifikat, atau akte tanah, pajak bumi dan bangunan dan kelengkapan legalitas yang lainnya.

Negosiasi Harga Tanah

Dalam melakukan negosiasi harga tanah, tentu yang kita harapkan adalah pembeli setuju dengan harga yang kita tawarkan. Nah, untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan ini, sebenarnya anda hanya butuh sebuah alasan yang kuat kenapa menawarkan harga tersebut kepada pembeli, jika anda dapat memberikan alasan yang kuat kepada pembeli maka pembeli nantinya akan terpengaruh dengan alasan-alasan tersebut. Lalu, apa saja yang dapat anda jadikan alasan? Ada banyak, contohnya adalah semua keunggulan yang dimiliki tanah tersebut, dengan keunggulan yang dimilikinya maka sebuah tanah harus dijual dengan harga yang pantas, itu jika anda berperan sebagai penjualnya.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Kerjasama Lahan

Kemudian, jika Anda berperan sebagai pembeli dan sedang mencari sebuah tanah, ketika menemukannya maka carilah kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh tanah tersebut, bisa dari segi lokasi, bentuk, ukuran, atau segi lainnya. Hal ini Anda lakukan agar dalam negosiasi nantinya Anda memiliki alasan yang kuat agar tanah tersebut boleh dibeli dengan harga yang lebih murah. Selama Anda tidak menipu, ini akan menjadi hal yang bagus untuk Anda lakukan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo