Dinding Rumah Rembes? Perhatikan Hal-hal Ini!

image

Propertinews.id, Tangerang - Setelah tiga bulan lebih kita merasakan musim hujan, sebenarnya apa saja yang harus dilakukan guna mengatasi masalah-masalah yang akan timbul selama musim hujan?

Selain banjir dan atap rumah yang bocor, dinding rumah yang rembes pun menimbulkan permasalahan yang harus segera diatasi. Jika tidak, maka dinding rumah yang rembes dapat menimbulkan kerusakan pada cat dan furnitur yang melekat pada dinding tersebut.


Sebelum mengatasi dinding rembes di rumah, Anda harus tau apa penyebab rembesnya dinding rumah. Sebelum memutuskan untuk mengganti cat rumah Anda, perhatikan hal-hal berikut.

Retakan rambut pada dinding rumah Anda

Amati  dinding rumah Anda, jika melihat retakan-retakan kecil maka kelembaban yang tinggi di sekitar dinding rumah Anda bisa menyebabkan kelebihan air masuk kesela-sela dinding. Hal tersebut menyebabkan dinding menjadi sangat lembab dan menyebabkan rembesan air muncul merusak cat dinding rumah. Anda bisa mengatasinya dengan memberikan tambalan tahan air atau plester tambahan dengan bahan-bahan waterproof yang mengandung redseal atau weldcrete pada dinding yang retak.

Dinding rumah bagian luar belum diplester

Dinding rumah bagian luar merupakan benteng pelindung utama dari kerasnya cuaca yang menyerang rumah Anda. Oleh karena itu, pengacian dan plester dinding rumah bagian luar harus dipastikan mampu menahan perubahan cuaca. Musim hujan seperti sekarang, menyebabkan dinding bagian luar rumah Anda terpapar kelembapan yang tinggi, sehingga plester dinding dengan bahan weldcrete waterproof dan cat anti air wajib untuk diaplikasikan pada dinding luar rumah Anda untuk mengatasi rembesan air.

Talang rumah bocor

Kebocoran rumah terutama pada talang air rumah dapat menyebabkan mengalirnya air hujan pada tempat yang tidak Anda rencanakan. Akibatnya air hujan dapat mengalir langsung ke dalam dinding sehingga menyebabkan bagian dalam dinding basah. Kelebihan air akan dirembeskan keluar dinding sehingga menyebabkan noda khas rembesan air. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda harus memeriksa kebocoran talang air dan segera memperbaikinya untuk mencegah bocornya air hujan ke dalam dinding.

Lokasi rembesan pada dinding rumah Anda

Perhatikan bagian dinding rumah yang rembes. Jika rembesan berada pada dinding bawah rumah maka biasanya penyebab rembesan karena dinding rumah meyerap air tanah. Akan tetapi, jika rembesan air berada pada bagian atas dinding rumah maka penyebabnya adalah air hujan yang tidak teralirkan dengan baik oleh talang air hujan rumah, sedangkan jika rembesan berada pada dinding tengah rumah maka biasanya disebabkan oleh kelembaban ruangan yang berbatasan dengan dinding rumah Anda, seperti ruangan kamar mandi yang biasanya memiliki kelembaban tinggi. Anda dapat mengatasinya dengan membuka plesteran lama dan memberikan plesteran baru dengan campuran mortar yang berfungsi sebagai bahan pelapis anti air. (ARD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo