Tepat Menggunakan Cat, Buat Rumah Selalu Tampak Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memilih cat kayu dan besi yang tepat bisa menjaga keindahan dan kekuatan dari elemen rumah yang terbuat dari kedua bahan tersebut. Namun, dari begitu banyak produk cat kayu dan besi yang ada di pasaran, semuanya mengklaim yang terbaik. Lalu bagaimana memilih yang tepat?
Elemen kayu dan besi di rumah biasanya hadir dalam bentuk furniture, seperti kursi, meja, dan lemari. Kusen seperti pintu, dan jendela, serta pagar.
Elemen kayu dan besi menjadi fitur dekorasi utama pada banyak hunian di Indonesia saat ini, yang mengadopsi gaya minimalis-modern. Sayangnya, jika ditangani dengan salah, elemen ini mudah mengalami kerusakan
Elemen kayu misalkan akan mudah lapuk akibat suhu ruangan atau rapuh karena serangan rayap. Sementara ancaman terhadap elemen besi biasanya berupa karat yang jika dibiarkan bisa mengurangi ketahanan dari besi itu sendiri. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, salah satunya adalah dengan memilih produk cat kayu dan besi yang tepat.
Cat memiliki fungsi sebagai bahan pelapis sekaligus memberikan sentuhan keindahan lewat warna yang dihadirkan. Untuk cat kayu dan besi, biasanya ada dua jenis warna. Yaitu warna solid yang fungsinya untuk menutup seluruh permukaan dan warna transparan yang seringkali digunakan untuk mempercantik produk namun tetap memunculkan keindahan dari lapisan dasar produk tersebut. Misal untuk menguatkan guratan serat pada kayu.
Produk cat kayu dan besi berkualitas tinggi memiliki daya tutup maksimal, tidak mudah mengelupas, mudah dicuci, tahan terhadap air laut, mengkilap, dan terbuat dari bahan alkyd. Selain itu, untuk penggunaan outdoor, cat kayu dan besi terbaik harus mampu memiliki sifat melindungi terhadap cuaca, karat, jamur dan rayap.
Dan yang terpenting adalah sifatnya yang mudah kering sehingga debu tidak mudah menempel saat diaplikasikan baik untuk interior maupun eksterior. Cat kayu dan besi berkualitas tinggi memiliki kadar kepadatan warna 40-70% (tergantung jenis warna). Sementara ketebalan setelah kering sekitar 30-40 micron.

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo