Cintai Bumi dengan Membangun Rumah Ramah Lingkungan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Isu lingkungan menjadi perhatian dalam satu dekade ke belakang. Polusi udara, pengerusakan hutan yang tidak bertanggung jawab, dan penggunaan energi fosil memberikan sumbangan besar terhadap pemanasan global.

Pemerintah bersama kelompok yang peduli terhadap lingkungan gencar menggerakkan kampanye untuk menghemat energi dan mengajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Pada tingkatan individu, hal ini dapat dilakukan dengan mematikan alat-alat listrik yang tidak digunakan, mematikan lampu selama beberapa jam.

Jika Anda merupakan orang yang peduli terhadap lingkungan dan ingin ambil bagian untuk pelestarian Bumi, Anda dapat mendesain rumah Anda menjadi lebih ramah lingkungan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membangun rumah ramah lingkungan.

 

1.       Pemilihan Lokasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah ramah lingkungan adalah lokasi. Lokasi seperti bantaran sungan, lokasi yang dekat dengan pembuangan sampah, atau daerah resapan air merupakan lokasi yang tidak cocok untuk membangun rumah ramah lingkungan.

Terdapat resiko banjir jika Anda membangun rumah di area resapan air atau bantaran sungai. Rumah yang dibangun terlalu dekat dengan area pembuangan sampah akan menyebabkan pencemaran udara serta air dan tanah.

Lokasi yang baik untuk membangun rumah ramah lingkungan adalah lokasi yang memiliki izin pembangunan yang sah, dan memiliki lingkungan sekitar yang cukup asri. Perhatikan juga apakah lahan yang dibangun berada di kawasan industri, hutan lindung, dan lain sebagainya.

Selain pertimbangan di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan efisiensi lokasi yang Anda pilih. Jarak lokasi rumah dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Jarak yang tidak terlalu jauh akan berdampak pada jejak karbon yang dihasilkan menjadi lebih kecil.

Efisiensi seperti ini, meski terlihat sepele, merupakan hal yang penting dalam gerakan ramah lingkungan. Semakin jauh jarak rumah Anda dengan kantor, maka semakin tinggi pula konsumsi energi moda transportasi yang dibutuhkan.

2.       Area Terbuka Hijau

Dalam membangun rumah ramah lingkungan, pastikan Anda membuat ruang terbuka hijau di area rumah. Ruang ini memiliki luas setiaknya 30% dari total keseluruhan luas lahan dan dilengkapi dengan berbagai tanaman hijau.

Tidak hanya lahan yang berupa tanah, ruang terbuka hijau dapat berbentuk taman yang ada di atap rumah atau tumbuhan yang memanfaatkan sekeliling dinding rumah. Pemanfaatan ruang vertikal dan atap rumah merupakan salah satu cara paling efisien sebagai ruang terbuka hijau jika Anda memiliki keterbatasan lahan. Dengan ruang hijau, udara di sekitar rumah akan menjadi lebih segar dan sejuk.

3.       Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda dapat menempatkan ventilasi dan jendela pada berbagai titik rumah untuk memaksimalkan hal ini.

Dengan sirkulasi udara yang baik, rumah tentu akan menjadi lebih sehat. Sirkulasi udara yang baik juga akan berdampak pada penghematan energi. Sebagai contoh, udara yang segar di dalam rumah secara alami akan membuat Anda tidak terlalu bergantung pada penggunaan AC, sehingga konsumsi energi di rumah dapat lebih dihemat. AC merupakan salah satu teknologi yang menjadi penyebab pemanasan global, sehingga dengan minimnya penggunaan AC, Anda dapat menyelamatkan lingkungan serta menghemat pengeluaran listrik Anda.

4.       Penghematan Energi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penghematan energi merupakan salah satu ciri utama dari rumah ramah lingkungan. Rumah ramah lingkungan menghemat konsumsi energi dengan memaksimalkan energi alami serta energi terbarukan. Sebagai contoh, Anda dapat mendesain rumah Anda sedemikian rupa sehingga Anda dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan utama. Untuk hal ini, Anda dapat menggunakan atap transparan atau dengan menempatkan ventilasi secara tepat.

Selain itu, gunakan panel surya yang dapat menyerap energi matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Dengan hal ini, Anda akan secara efisien memanfaatkan energi alami untuk kebutuhan rumah Anda. (RT)

 

 

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo