19 Balai Perumahan Akan Dibentuk, Guna Dukung Program Sejuta Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – 19 balai perumahan akan dibentuk di sejumlah provinsi di Indonesia oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan. Balai perumahan ini dibentuk dengan tujuan untuk dapat mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah sekaligus mendorong para pemangku bidang perumahan di daerah agar meningkatkan pembangunan hunian yang layak bagi masyarakat.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers nya mengaku, 19 balai yang di bentuk di sejumlah provinsi ini sesuai dengan arahan dari Menteri PUPR. Selama ini pelaksanaan Program Perumahan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR di daerah masih dilaksanakan oleh Satuan Kerja setingkat SNVT.

Baca Juga : PUPR Perbaiki Fasilitas Umum di Jayapura dan Wamena untuk Dukung Percepatan Ekonomi

Sedangkan untuk pembangunan seperti rumah susun (rusun), rumah khusus (rusus), rumah swadaya, serta bantuan prasarana, sarana dan ulititas (PSU) untuk perumahan bersubidi, saat ini masih dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

“Balai perumahan ini nantinya akan memperkuat kelembagaan serta strategi meningkatkan capaian Program Sejuta Rumah di daerah. Saat ini masalah perumahan juga menjadi prioritas pembagunan pemerintah dan menjadi tulang punggung pelaksanaan program padat karya tunai di masyarakat.” kata Khalawi.

Ditjen Perumahan memberikan usulan ke Kementerian PUPR untuk membentuk balai perumahan yakni 5 balai di Sumatera, 4 balai di Jawa, 2 balai di Nusa Tenggara, 2 balai di Kalimantan, lalu 3 balai di Sulawesi, 1 balai di Maluku dan Papua Barat, serta 2 balai di Papua.

Sebenarnya Balai Perumahan Kementerian PUPR ini dibutuhkan sebanyak 34 balai. Namun, pada tahapan awal ini akan dibentuk sebanyak 19 balai terlebih dahulu dengan mempertimbankan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang ada, pertimbangan wilayah kerja, jumlah Kabupaten/Kota, luas wilayah, jumlah RTLH, dan jumlah backlog perumahan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo