2021, Kementerian PUPR Mulai dengan Bangun 2 Ruas Tol Baru

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meningkatkan layanan infrastruktur seperti jalan tol maupun jalan nasional. Oleh sebab itu, di tahun 2021 ini, Kementerian PUPR akan membangun dua proyek jalan tol baru yakni Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B dan tol layang Ancol Timur – Pluit.

Rencana dimulainya pembangunan dua ruas tol tersebut ditandai dengan penandatanganan kontrak pekerjaan pembangunan yang disaksikan langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang didampingi Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit secara virtual.

Menteri PUPR Basuki mengatakan, dua kontrak pembangunan ruas tol ini sangat krusial dan kehadirannya sudah ditunggu masyarakat. Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo dan ditargetkan beroperasi pada Desember 2021 mendatang.

“Tol ini dibangun sebagai dukungan agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam” kata Basuki.

Untuk itu, dia menginstruksikan PT Citra Karya Jabar Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Cisumdawu dan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61 km di Provinsi Jawa Barat ini dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Dari enam seksi, Seksi 1 dan 2 yang dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi to tersebut dan Seksi 3 – 6 dikerjakan oleh CKTJ selaku investor. Adapun total nilai investasi proyek jalan tol Cisumdawu seluruhnya sebesar Rp8,4 triliun. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo