Akan ada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Semarang. Butuh Anggaran Rp58 T

image

PropertiNews.id, Tangerang – Proyek prioritas strategis periode 2020-2024 sudah disiapkan pemerintahan Presiden Jokowi jilid II. Salah satu proyek yang akan dibuat adalah kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa, salah satunya rute Jakarta-Semarang, yang merupakan bagian dari kereta Jakarta-Surabaya. Dengan kereta cepat ini, nantinya waktu tempuh Jakarta ke Semarang dipangkas menjadi 3,5 jam dari sebelumnya memakan waktu 5 jam.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara mengenai hal ini. Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Ditjen Kemenhub) Supandi menjelaskan, bahwa tidak ada rencana baru pembangunan kereta cepat dari Jakarta ke Semarang.

“Yang ada peningkatan kecepatan KA Jakarta-Surabaya, dari 100Km/jam menjadi 150 Km/jam. Memang tahap 1 rencananya dikerjakan Jakarta-Semarang. Betul dari 5 jam menjadi 3 jam” kata Supandi.

Proyek ini rencananya akan menggunakan APBN Rp58 triliun. Supandi juga menegaskan, proyek tersebut tidak mungkin dikerjakan menggunakan APBN sepenuhnya. Kebutuhan Rp58 triliun yang dicantumkan dalam dokumen Rancangan Awal RPJMN Bappenas ini, belum termasuk trase Semarang-Surabaya.

“Kayaknya ke Semarang saja. Dia (Bappennas) kan nggak nyebut angka sampai Surabaya kan. Karena itu kalau tidak salah berapa triliun itu ya hampir mendekati Rp100 triliun (sampai Surabaya). Lebih kurang segitu lah. Kan itu itung-itungannya lebih kurang separuhnya (kalau ke Semarang saja) lanjut Supandi.

Baca Juga : Pembangunan Dry Dam Ciawi Capai 45%, PUPR Targetkan Rampung 2020

Sementara itu, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Kennedy Simanjuntak menjelaskan saat ini jalur masih dalam proses perancangan.

Setidaknya ada dua proyek kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa yang akan dibangun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kereta api berkecepatan tinggi di Pulau Jawa ini mencakup jalur Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo