Akhir 2021, Menteri PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Bisa Rampung Seluruhnya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Berdasarkan laporan, masalah pembebasan lahan untuk Tol Cisumdawu sudah selesai. Oleh sebab itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan, pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61 kilometer bisa rampung seluruhnya pada akhir 2021 mendatang.

Basuki mengatakan, Tol Cisumdawu akan menjadi akses menuju Bandara Kertajati yang sudah lebih dulu beroperasi, baik dari Bandung maupun Cirebon.

“Masalah pembebasan lahan sudah teratasi, sehingga saya optimis konstruksi semuanya rampung pada akhir 2021, karena konstruksi dapat berjalan cepat jika lahan sudah tersedia” kata Basuki.

Menteri Basuki juga mengapresiasi semua pihak yang terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan proyek tol Cisumdawu. Antara lain Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumedang Pemerintah Kabupaten Majalengka, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi, hingga Mahkamah Agung.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjsama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi yang dibangun, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari Viability Gap Fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Seksi 3 hingga Seksi 6 yang menghubungkan Sumedang-Cimalaka-Legok-Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 32,65 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

Baca Juga : Benahi Jabodetabek-Punjur, Menteri ATR Usulkan Pembentukan Tim Khusus

Dari data terkait, pembebasan lahan memperlihatkan bahwa progres pembebasan lahan di Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong (sepanjang 10,57 km) 92,5% dan konstruksinya 58,56%. Seksi 2 (sepanjang 17,05 km) Fase I dari Rancakalong-Ciherang selesai 2017 lalu dan Fase II Ciherang-Sumedang pembebasan lahannya II 95,5% dan konstruksinya 85,46%. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo