Akibat Corona, Investor Kembali Lirik Sektor Properti Sebagai Alternatif Investasi

image

PropertiNews.id, Tangerang – Di tengah anjloknya pasar saham akibat wabah virus corona atau COVID-19, para investor kembali melirik sektor properti sebagai alternatif investasi safe heaven. Hal ini dikarenakan volatilitas saham yang negatif, secara psikologis ‘memaksa’ investor untuk mengalihkan investasi mereka, terutama properti. Sebab, saat ini harga properti masih tertahan karena mengalami tekanan dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Daniel Djumali, dampak COVID-19 ke sektor properti hingga saat ini belum terlalu besar khususnya untuk segmen menengah bawah maupun kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Kontraksi pasti ada, tapi kami melihat sektor properti ini merupakan sektor real dan nyata yang menyentuh langsung ke pasar dengan kalangan MBR hingga menengah yang menjadi penopang karena besarnya kebutuhan kalangan ini akan hunian. Ada atau tidaknya adanya virus orang akan tetap cari hunian, hanya pada situasi ini menjadi lebih berhati-hati” kata Daniel.

Baca Juga : Imbas COVID-19, Penumpang MRT Jakarta Turun 72 Persen

Dalam hal investasi, sektor properti memenuhi dua konsep utama yaitu capita gain dan regular income. Harga properti selalu konsisten meningkat setiap tahun disebabkan tingkat kebutuhan yang tinggi. Semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan lahan untuk temoat tinggal, sedangkan lahan yang ada semakin menyempit.

Momentum ini menjadi pilihan tepat bagi investor untuk segera mengalihkan ivestasi ke properti karena saat ini sektor ini yang paling aman, minim risiko, dan menguntungkan dalam jangka panjang. Sedangkan untuk berinvestasi di sektor lain, investor masih was-was karena adanya COVID-19. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo