Akibat Corona, Penyelesaian Proyek Pengerjaan MRT Jakarta Fase II Diundur ke 2025

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi berbagai proyek, salah satunya adalah proyek pengerjaan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase II. Proyek MRT yang akan menyambungkan Bundaran HI hingga Jakarta Kota ini, ditunda ke Juni 2020. Hingga akhirnya, target penyelesaian proyek sepanjang 2,8 km yang semula dijadwalkan pada 2024, kini harus molor ke Maret 2025.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, penundaan tersebut terjadi karena mobilisasi para pekerja ataupun alat berat yang tidak memungkinkan untuk dilakukan selama masa pandemi saat ini.

“Hanya karena kontrak, dari target semula setelah kontrak ditandatangani Februari 2020 itu mulai kerjanya 1 Maret 2020, karena Covid-19 kita tunda ke Juni 2020. Karena tidak mungkin mobilisasi pekerjaan berat pada fase ini, dengan demikian waktu target penyelesaian akan mundur ke Maret 2025.”, kata William.

MRT Jakarta Fae II ini terdiri dari dua paket pengerjaan, pertama fase 2A dengan rute Bundaran HI-Kota sepanjang 6,3 km dan fase 2B dengan rute dari Kota-Ancol Barat dengan panjang 6 km. Proses pembangunan ini juga mendapat biaya dari JICA sebesar Rp22,5 triliun.

Sebagai informasi tambahan, pembangunan MRT rute Bundaran HI-Kota ini dibagi menjadi paket konstruksi CP200 sampai CP206. CP200 berupa konstruksi struktur gardu induk sudah selesai dibangun di Monas.

Baca Juga : Berbagai Hotel Berbintang Jakarta Dijual di Platform e-Commerce Properti

MRT rute Bundaran HI-Kota nantinya akan memiliki tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Adapun kedalaman stasiun mulai dari 17 meter hingga 36 meter. Dengan molornya proyek pengerjaan, dapat dipastikan total biaya MRT Jakarta Fase II ini akan mengalami pembengkakan, sehingga diusulkan penambahan dana sebesar Rp7,3 triliun. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo