Aplikasi SAMAWA, Permudah Masyarakat Daftar Rumah Subsidi DP 0 Rupiah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Perumda Pembangunan Sarana Jaya bersama dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta remi meluncurkan Aplikasi ‘SAMAWA’ yang dapat diunduh di Play Store.

Dibuatnya aplikasi ini bertujuan untuk semakin mempermudah masyarakat DKI Jakarta yang ingin mendaftar rumah subsidi DP 0 Rupiah, program pemerintah. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat melihat syarat dan tata cara pendaftaran program rumah DP 0 Rupiah SAMAWA.

Baca Juga : Jokowi Lakukan Rapat Bersama Gubernur Sumatera Utara, Bahas Sengketa Lahan

Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Bima P Santosa mengatakan, dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat memangkas proses pendaftaran menjadi lebih cepat, hemat waktu dan tetap menerapkan keterbukaan publik.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa memonitoring tahapan pendaftaran sendiri, dan memangkas proses pendaftaran menjadi lebih cepat” kata Bima.

Dengan diluncurkannya aplikasi SAMAWA ini, masyarakat pun bisa dengan mudah mendaftar dengan mengisi data yang sesuai dan valid, serta melihat status pendaftaran secara aktual, transparan, dan akurat.

Adapun cara untuk mendaftar rumah DP 0 Rupiah pada aplikasi SAMAWA adalah sebagai berikut:

1.    Buka Play Store

2.    Ketik “SAMAWA” dan klik “Install”

3.    Buka aplikasi SAMAWA

4.    Klik “Daftar” DP 0 Rupiah SAMAWA

5.    Cek status pendaftaran secara akurat dari aplikasi

Cara Daftar di Aplikasi SAMWA :

1.    Masuk daftar di aplikasi SAMAWA

2.    Masukan data diri secara lengkap saat mendaftar

3.    Jawab pertanyaan untuk melihat kelayakan Anda mengikuti program SAMAWA

4.    Lihat status pendaftaran di beranda akun anda

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai apllikasi ini sangat penting untuk memudahkan warga mendapat hunian DP 0 Rupiah. Selain itu, hal ini juga memungkinkan Bank DKI dan Perum Sarana Jaya untuk memantau pengeleloaan rumah DP 0 Rupiah.

“Ini bukan sesuatu sederhana, tapi kita modifikasi sehingga perbankan dan Sarana Jaya aman secara manajemen” kata Anies.

Pemerintah berhasil mewujudkan rumah tanpa uang muka atau down payment dengan menghadirkan program rumah DP 0 Rupiah, khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Rumah subsidi ini terletak di Jakarta Timur, dan dinamakan dengan Menawa SAMAWA. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo