Aplikasi SiKasep, Informasi Bantuan Pembiayaan Perumahan Oleh Kempupera

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) terus berupaya mencari solusi unuk menekan backlog hunian, serta terus membantu masyarakat untuk bisa mencari rumah meski sedang dalam masa pandemi COVID-19 seperti ini. Untuk mendukung kebijakan new normal yang sedang di garap saat ini, pemerintah tengah mengedepankan konsep bisnis melalui teknologi informasi di bidang bantuan pembiayaan perumahan.

Sejak awal tahun 2020, melalui badan layanan umum (BLU) pusat pengelolaan dana pembiayaan perumahan (PPDPP),  Kempupera telah meluncurkan dan menerapkan aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) dan SiKumbang (Sitem Informasi Kumpulan Pengembang). Hal ini tentu saja untuk memudahkan masyarakat dalam mencari rumah, serta pengembang dalam memasarkan produknya.

“Melalui kedua aplikasi tersebut, pemerintah mempertemukan antara ketersediaan pasokan hunian (supply) dari pengembang dan kebutuhan hunian dari masyarakat (demand) dengan memposisikan masyarakat sebagai subyek” kata Menteri Kempupera, Basuki Hadimuljono.

Dengan beralih menggunakan konsep digitalisasi, bisa mengurangi kontak fisik sesuai dengan konsep new normal nantinya. Basuki juga menekankan, agar seluruh pihak pada bidang hunian atau perumahan bisa melakukan penyesuaian seperti dalam hal penandatanganan digital maupun transaksi akad perumahan.

Aplikasi SiKasep ini dapat memenuhi kebutuhan generasi milenial yang menginginkan kecepatan dan kemudahan informasi dalam memilih dan membeli rumah yang diminati.

Diketahui, PPDPP telah melakukan sinergi dengan beberapa pihak untuk menjalankan aplikasi SiKasep dengan baik dan optimal. Dalam hal verifikasi status kependudukan, PPDPP telah menjalankan sistemnya secara otomatis yang melibatkan peran serta dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Negari Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Seluruh arus data dan transaksi yang dilakukan dapat dipastikan hanya pihak PPDPP dan Bank Pelaksana saja yang dapat mengaksesnya. Hal itu karena PPDPP juga bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Baca Juga : PUPR Ikut Serta Memajukan Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jabodetabek - Punjur

Sejak 8 Juni 2020, sistem pada aplikasi SiKasep telah disinergikan secara host to host dengan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dalam hal proses verifikasi data penyaluran bantuan subsisi selisih bunga (SSB). Tercatat, telah terdata sebanyak 2.477 debitur SSB yang diverifikasi menggunakan aplikasi SiKasep. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo