Arsip Nasional (ANRI) Siap Perbaiki Sertifikat Tanah yang Rusak Karena Banjir

image

PropertiNews.id, Tangerang – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan layanan restorasi atau pemulihan arsip keluarga gratis bagi masyarakat yang terkena musibah banjir. Salah satu arsip yang bisa anda restorasi adalah sertifikat tanah.

Kasubdit Restorasi Arsip ANRI Anak Agung Gede Sumardika mengatakan, arsip yang hilang harus menghubungi lembaga yang menerbitkan. Sedangkan ANRI hanya memperbaiki arsip yang masih ada bukti fisik meskipun rusak.

“Kalau hilang atau terbawa air itu silakan menghubungi atau mengurus ke lembaga yang menerbitkan. Kalau di ANRI kami tugasnya hanya merawat fisik. Bukan informasinya apalagi menerbitkan itu bukan wewenang lembaga kami” kata Agung.

Layanan restorasi arsip tersebut mulai berlaku sejak Kamis (2/1/2020). Pelayanan dibuka setiap Senin sampai Jumat pukul 08.30 WIB. Masyarakat dipersilakan langsung membawa arsip keluarga yang akan direstorasi. Maksimal arsip yang diperbaiki sebanyak 10 lembar dan harus arsip kembali.

Setelah masyarakat diterima oleh Sekretariat Tim Penanganan Arsip Bencana, nantinya petugas memandu masyarakat untuk mengisi buku registrasi dan formulir Laraska.

Baca Juga : Tol Cipali Mengalami Penyesuaian Tarif Mulai Hari Ini

Selanjutnya, petugas akan memverifikasi dan mencatat jumlah arsip yang akan direstorasi, menyampaikan jenis kerusakan arsip, jenis perbaikan arsip yang akan dilakukan dan jangka waktu perbaikan arsip yang dibutuhkan.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau masyarakat ingin memperoleh Laraska.

Misalnya membawa arsip yang akan diperbaiki dan bukti identitas diri. Arsip yang dibawa adalah asli atau bukan fotokopi dan tidak dalam bentuk laminating. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo