Bank OCBC NISP Turunkan Bunga Dasar KPR Jadi 8,25 Persen

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Bank OCBC NISP Tbk telah menetapkan suku bunga dasar kredit rupiah (prime lending rate) atau SBDK untuk periode November 2021. Corporate Communication Division Head OCBC NISP Aleta Hanafi mengatakan, KPR mengalami penurunan dari sebelumnya 8,80 persen menjadi 8,25 persen.

“Perubahan ini berlaku sejak 1 November 2021. Penurunan ini hanya berlaku untuk konsumsi KPR. Sementara untuk SBDK korporasi, ritel dan konsumsi non-KPR tidak mengalami perubahan” kata Aleta.

Aleta menambahkan, pihaknya telah melakukan penyesuaian suku bunga dasar kredit yang berlaku sejak 26 Maret 2021. Ia bilang suku bunga dasar kredit korporasi mengalami penurunan dari sebelumnya 9.50% menjadi 9.25%.

“Suku bunga dasar kredit ritel mengalami penurunan dari sebelumnya 9.75% menjadi 9.50%. Lalu suku bunga dasar kredit konsumsi KPR mengalami penurunan dari sebelumnya 9.50% menjadi 8.80%” lanjut Aleta.

Sebagai informasi, dalam kredit konsumsi non KPR tidak termasuk penyediaan dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA). SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing – masing debitur atau kelompok debitur. Artinya, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-202, Bank OCBC NISP meraih perolehan laba bersih sebesar Rp2 triliun atau naik 5 persen yoy dari Rp1,9 triliun pada periode yang sama di tahun 2020.

Peningkatan ini kontribusi dari Pendapatan Bunga Bersih yang mengalami pertumbuhan 9 persen yoy menjadi Rp5,7 triliun hingga kuartal III-2021. Sedangkan total aset bank tumbuh 7 persen yoy menjadi Rp211,3 triliun. (ZH)   

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo