BPJT: Ground Breaking Tol Ibukota Baru Tidak akan Dimulai Tahun ini!

image

Propertinews.id, Tangerang – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PUPR), Danang Parikesit menyatakan, jika pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Negara Baru (IKN) di Kalimantan Timur tidak akan dimulai tahun ini.

Menurut Danang, Akses ke IKN masih dalam proses studi dan harus melalui sejumlah tahapan. Danang menyebutkan bahwa kajian kelayakan pembangunan akses tol menuju IKN membutuhkan waktu sekitar empat bulan.

Guna mempersiapkan pembangunan IKN, BPJT sudah meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan studi kelayakan atau feasibility study  (FS) serta menentukan lokasi dan pengadaan lahan.

“Akses pembangunan tol ke IKN masih dalam proses studi. Berbagai tahapan sedang kami jalankan dengan pihak BUJT,” ujar Danang, seperti yang dilansir Properti Kompas.

Dari uji kelayakan tersebut, nantinya dapat diketahui apakah proyek jalan tol yang direncanakan sepanjang 60 kilometer ini membutuhkan dukungan pemerintah, atau dapat dikerjakan sendiri oleh BUJT.

Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Sumadilaga mengatakan bahwa ada tiga akses jalan menuju IKN yang berasal dari Samarinda, Balikpapan, dam Selatan Penajam Paser Utara.

Denis merincikan bahwa ketiga akses jalan tersebut adalah ruas Balikpapan-Sepaku sepanjang 60 kilometer, Semboja-IKN 30-40 kilometer, dan dari Selatan Penajam Paser Utara-IKN 60 meter.

Denis juga menambahkan, jika pembangunan akses tersebut bisa berupa tol atau non tol. "Semuanya ruas baru, bisa tol dan non-tol," ucap Denis.

Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan dapat menjadi jembatan perekonomian untuk Ibu Kota Negara Baru. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo