BTN Berhasil Salurkan Pembiayaan KPR Sebesar Rp352 Triliun Selama 45 Tahun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kredit Perumahan Rakyat (KPR) diluncurkan pertama kalinya di Indonesia oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk pada 10 Desember 1976. Bank BTN sendiri telah berhasil menyalurkan pembiayaan KPR sebanyak Rp352 triliun hingga saat ini. KPR tersebut mewujudkan impian ke lebih dari 5 juta keluarga di Indonesia. 

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari upaya Bank BTN yang senantiasa menghadirkan program maupun produk inovatif yang tidak hanya membantu masyarakat tapi juga seluruh stakeholder sektor properti. 

“Inovasi tersebut terus berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat di era digitalisasi serta tren di sektor properti. Oleh karena itu, menginjak usia KPR ke-45, siap menerapkan digitalisasi ekosistem pembiayaan perumahan” kata Haru. 

Haru mengatakan, dari keseluruhan pembiayaan KPR senilai Rp 352 triliun, sebanyak lebih 76% mengalir ke segmen KPR subsidi sementara sisanya mengalir ke segmen KPR nonsubsidi. Dengan pencapaian tersebut, tak heran bank yang dulunya bernama Postpaarbank telah menjadi kontributor utama pada Program Sejuta Rumah Pemerintah dengan kontribusi rata-rata 60% per tahunnya, baik untuk pembiayaan kepemilikan maupun kredit konstruksi bagi developer.

Sebagai informasi, sejak tahun 1976 silam, BTN secara resmi melayani pembiayaan kredit rumah bagi masyarakat. Penugasan langsung diterima BTN dari pemerintah, melalui Surat Menteri Keuangan nomor B-49/MK/I/1974. Pada 10 Desember 1976, Bank BTN untuk pertama kalinya, menyalurkan kredit perumahan pada 9 debitur di daerah Tanah Mas, Semarang.  

Sejak saat itu, BTN diberi kepercayaan pemerintah untuk menyalurkan dana untuk mempermudah dan memperluas akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat, khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

BTN menghadirkan program dan produk tidak hanya KPR subsidi tapi juga nonsubsidi serta kredit konstruksi yang mendukung perumahan. Program KPR/KPA juga selalu disesuaikan dengan segmen masyarakat, misalnya KPR Gaess for Millenial, bahkan program KPR juga dibuat sedemikian rupa sesuai dengan peruntukannya, misalnya ke TNI Angkatan Darat, Peserta BP Jamsostek dan lain sebagainya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo