BTN Telah Salurkan Kredit dan Pembiayaan Sebesar Rp265,9 Triliun pada Kuartal II/2021

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pada kuartal II/2021, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN telah menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp265,9 triliun. Penyaluran ini tumbuh 5,59% secara tahunan atau year on year (yoy).

Sumber kredit perumahan tertinggi berasal dari kinerja Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi yang melejit 11,17 persen dari Rp113,6 triliun ke Rp126,2 triliun. Sisanya, berasal dari KPR non subsidi yang naik tipis 0,9 persen dari Rp79,9 triliun ke Rp80,6 triliun.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Haru Koesmahargyo mengatakan, pertumbuhan kredit tersebut tercatat jauh di atas rata – rata industri perbankan nasional yang hanya tumbuh sebesar 0,45 persen per Juni 2021.

Tak hanya kenaikan penyaluran, BTN juga mencatat perbaikan pada kualitas kredit. Rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan / NPL) gross BTN membaik sebesar 61 basis poin (bps ke level 4,10% dari 4,71% di periode yang sama tahun lalu.

Dari sisi jumlah unit rumah yang mendapat fasilitas KPR, tercatat kurang lebih 80 ribu unit. Terdiri dari 65,4 ribu rumah subsidi dan sisanya rumah non subsidi. Di sisi lain, Haru mengklaim kredit tumbuh berkat efisiensi biaya dana (cost of funds) dari 5,16 persen menjadi 3,45 persen.

Laju pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) juga meroket 31,84 persen dari Rp226,3 triliun menjadi Rp298,3 triliun. Banjirnya likuiditas ini membuat rasio ketersediaan dana dengan penyaluran kredit (Loan Deposit Ratio / LDR) tidak lagi ketat. (ZH)  

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo