Dampak Banjir di Jabodetabek, Klaim Asuransi Properti Meningkat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bencana banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek berdampak pada sektor properti, salah satunya klaim asuransi properti. Beruntung bagi pemilik properti yang telah mengansurasikan aset mereka. Namun perlu diketahui, tidak semua pemegang polis bisa mengklaim kerusakan pada properti mereka.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menilai bahwa bencana banjir yang melanda kawasan Jabodetabek berpotensi meningkatkan klaim asuransi umum.

“Memang potensi klaim akibat risiko banjir diprediksi akan naik, tapi pasti ada back up reasuransi untuk risiko katastropik. Perusahaan dapat sekaligus melakukan survey dengan bekerja sama dengan tertanggung. Jika perlu, dilakukan langkah proaktif dengan mendata semua tertanggung yang lokasi objek pertanggungannya berada di daerah terdampak banjir” kata Dody.

Lini yang paling terdampak bencana banjir tersebut merupakan lini bisnis utama dari industri umum. Berdasarkan data AAUI per kuartal III/2019, lini asuransi properti mencakup 26 persen pangsa pasar asuransi umum. Kontribusi klaim dari lini tersebut juga tercatat yang paling dominan. Asuransi properti yang mencapai 18,3 persen dari total klaim.

Baca Juga : Sempat Ditutup Karena Banjir, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Dody juga menghimbau bagi pemegang polis asuransi properti untuk mengecek perluasan risiko banjir. Lantaran polis standar tidak menjamin risiko banjir.

Ia melanjutkan, kondisi banjir saat ini memang akan banyak memberikan dampak kerugian terdahap properti bangunan beserta isinya.

Dia pun menghimbau agar perusahaan-perusahaan asuransi dapat memberikan respon segera terhadap ajuan klaim dari tertanggung. Layanan yang baik menjadi kunci mempertahankan kinerja industri dalam kondisi seperti saat ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo