Di Tengah Pandemi, Pengembang Properti Diminta Tingkatkan Transaksi Digital Bidang Perumahan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menjelang new normal, pengembang properti dan pengembang diminta untuk meningkatkan transaksi digital bidang perumahan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menyiapkan program besar digitalisasi di bidang layanan pemerintahan untuk menyongsong tatanan kehidupan normal baru.

New normal itu intinya berkegiatan dengan mengurangi kontak fisik (less contact society), semua dengan digitalisasi. Kita harus mulai siapkan instrumennya seperti penandatanganan virtual untuk transaksi akan perumahan. Untuk itu, pengembang dan perbankan khususnya BTN harus bisa memfasilitasi hal tersebut” kata Basuki.

Basuki juga menambahkan, diharapkan semua tahapan transaksi lainnya di bidang perumahan mulai dari permohonan, pencarian rumah, hingga akad kredit juga telah dalam bentuk digital.

Sementara itu, Direktur BTN Hirwandi Gafar mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan virtual account bagi para nasabah untuk dapat melakukan transaksi mulai dari akses cari properti hingga pengajuan kredit melalui website btnproperti.co.id.

“Untuk wawancara nasabah kami juga sudah lakukan dengan virtual, namun yang masih menjadi hambatan adalah ketika transaksi akad kredit, pihak notaris masih ingin bertatap muka. Selanjutnya akan kami sampaikan untuk akad virtual saja” kata Gafar.

Baca Juga : Meski Ada Corona, Pemerintah Tetap Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Prioritas

Di sisi lain, Kementerian PUPR melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat pada Desember 2019 lalu juga telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan), yang bisa digunakan untuk memudahkan masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah dalam mencari rumah subsidi sesuai dengan yang diharapkan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo