Dibuka Secara Resmi, Berapa Total Biaya Pembangunan Jembatan Teluk Kendari?

image

Propertinews.id, Tangerang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Jembatan Teluk Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Kamis, 22 Oktober 2020. Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti yang dibubuhkan Presiden Jokowi.

Dalam sela-sela peresmian tersebut, Jokowi berharap jika jembatan ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi kebanggan masyarakat Kendari.

“Semoga jembatan ini bisa bermanfaat yang sebanding dengan biaya pembangunannya. Sekarang, Kota Kendari sudah mempunyai landmark baru dan semoga saja bisa lebih dikenal masyarakat luas,” ucap Jokowi ketika usai melakukan peresmian Jembatan Teluk Kendari.

Jembatan Teluk Kendari memakan waktu pembangunan selama lima tahun, dimulai dari 2015-2020. Dalam pembangunannya tersebut, jembatan ini sudah menyedot anggaran hingga Rp 804 miliar.

Jembatan ini dibangun bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat yang berada di kawasan Kota Lama atau Poasia yang selama ini terpisahkan oleh Teluk. Sebelum jembatan ini dibangun, masyarakat diharuskan menyeberangi Teluk Kendari menggunakan perahu guna memutari teluk sejauh 20 kilometer dengan waktu tempuh bekisar 30-35 menit.

Dengan adanya Jembatan Teluk Kendari, tentu sangat membantu masyarakat karena jarak tempuh yang tadinya mencapai setengah jam, kini dapat dilalui dengan hanya  5 menit saja. Kelancaran konektivitas ini membuat mobilitas perekonomian di Kota Kendari semakin efisien dan daya saing semakin meningkat.

Kontruksi Jembatan Teluk Kendari dirancang dengan panjang mencapai 1,34 kilometer. Jembatan ini terdiri dari pembangunan jalan dekat atau orpit sepanjang 602,5 meter, approach span sepanjang 357,7 meter, side pan 180 meter, dan bentang utama mencapai 200 meter.

Jembatan ini juga dilengkapi teknologi canggih, yaitu cable stayed yang materialnya diimpor langsung dari Austria. Dalam pembangunannnya, Jembatan Teluk Kendari dikerjakan oleh konsarsium kontraktor BUMN PT PP (Persero) Tbk dan PT Nindya karya (Persero). (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo