Dua Karya Arsitektur Asal Indonesia Menjadi Finalis Ajang Bergengsi Dezeen Awards 2019

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bertia baik datang dari dunia arsitektur. Dua karya arsitektur asal Indonesia berhasil menjadi kandidat untuk menerima penghargaan Dezeen Awards 2019.

Kedua karya arsitektur yang masuk dalam deretan finalis ini adalah Riverbend House di Ubud yang dirancang oleh IBUKU dan Alfa Omega School di Tangerang oleh RAW Architecture.

Riverbend House menjadi finalis dalam kategori Hospitality Building yag bersaing dengan 23 bangunan lainnya.

Bangunan yang hampir seluruhnya menggunakan material bambu ini memiliki struktur bangunan yang mengikuti bentuk sungai. Dengan kaca yang mengelilingi ruang tamu, penghuni dapat menikmati pemandangan alam yang terbuka 220 derajat.

Baca Juga: Gedung Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya Masuk Nominasi Penghargaan Arsitektur Dunia

Dilengkapi dengan ruang tamu, dua kamar tidur, dan dapur, Riverbend House memiliki pemandangan Sungai Ayung di Bali.

Sementara itu, Alfa Omega School menjadi finalis dalam kategori Civic Building yang bersaing dengan 27 peserta lainnya dari berbagai negara di dunia. Bangunan ini memiliki empat bagunan utama, satu ruang workshop, satu dapur, dan dua buah gudang.

Realrich Sjarief, Lead Architect dari RAW Architecture mengungkapkan bahwa Alfa Omega School dirancang dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar.

Menurut Realrich, Alfa Omega School berada di lokasi rawa, dan berada pada level nol dengan lahan seluas 11.700 meter persegi dan luas total bangunan seluas 3.000 meter persegi.

Sekolah ini juga dirancang dengan konsep terbuka dan konsep passive cooling building, sehingga penggunaan pendingin udara atau AC tidak lagi dibutuhkan.

Dezeen Awards 2019 menampilkan karya dari 267 proyek arsitektur yang masuk dalam 10 kategori meliputi, Urban House, Rural House, Housing Project, Residential Rebirth Project, Civic Building, Cultural Building, Business Building, Hospitality Building, Rebirth Project, dan Small Building.

Penilaian dilakukan oleh lebih dari 70 juri yang merupakan profesional di industri dari berbagai belahan dunia. Nama-nama besar seperti Virgil Abloh hingga Imogen Heap turut ambil bagian untuk menjadi juri dalam Dezeen Awards tahun ini.

Baca Juga: Ibu Kota Baru RI Mengadopsi Konsep Ramah Lingkungan

Pengumuman pemenang dari masing-masing kategori akan dilakukanpada bulan Oktober 2019. Para pemenang dari masing-masing kategori ini kemudian akan bersaing dengan proyek arsitektur lainnya. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo