Groundbreaking April, Bandara Kediri Ditargetkan Rampung 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pembangunan Bandara Kediri mulai dikebut. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti menyebut bahwa rencana pembangunan Bandara Kediri di Jawa Timur ditargetkan akan mulai groundbreaking pada 16 April 2020 mendatang, setelah sebelumnya direncanakan pada Maret 2020.

“Pembebasan lahan sudah sedikit lagi, 98 persen (saat ini). Groundbreaking 16 April 2020 targetnya. Kuncinya adalah rekomendasi Gubernur untuk bandara sudah sesuai dengan RT/RW” kata Polana.

Sementara, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Kediri tidak direkomendasikan menyandang status internasional. Sebab, pusat penghubung atau hub bandara Jawa Timur saat ini sudah berada di Bandar Udara Juanda, Surabaya.

“Kalau semua jadi internasional, hub-nya jadi banyak. Ini jadi bermasalah terkait banyak hal” kata Budi.

Penetapan lokasi bandara tersebut ditentukan berdasarkan rekomendasi Gubernur Jawa Timur. Saat ini, lokasi bandara tersebut telah ditentukan sehingga tinggal menunggu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Adapun Bandara Kediri ini akan dibangun oleh Anak Usaha PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yakni PT Surya Dhoho Investama (PT SDI). Perusahaan ini pun membutuhkan dana sekitar Rp6 triliun untuk membangun bandara. Dana sebesar Rp3 triliun untuk pembebasan tanah, dan Rp3 triliun untuk pembangunan bandara. Namun, dana ini masih dalam tahap inflasi.

Baca Juga : Gubernur Jawa Timur Ingin Adakan LRT di Surabaya Menyerupai Jakarta

Direktur Utama Surya Dhoho Investama Susanto Widyatmoko mengatakan, pembangunan bandara ini memang mengggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Namun ia mengaku semuanya ditangani oleh swasta.

“Kalau KPBU yang umum, misalnya tanah pemerintah tetapi infrastruktur swasta. Ini 100% swasta semua” ujar Susanto.

Bandara Kediri merupakan salah satu wilayah yang potensial untuk dikembangkan menjadi bandara penumpang maupun kargo. Namun untuk merealisasikannya, masih diperlukan aksesibilitas yang baik. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo