Hingga 31 Oktober 2021, Program Sejuta Rumah Telah Mencapai 871.218 Unit

image

PropertiNews.id, Tangerang – Berdasarkan data yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga 31 Oktober 2021 lalu tercatat sebanyak 871.218 unit rumah berhasil dibangun di seluruh wilayah Indonesia melalui program Sejuta Rumah. 

Jumlah ini terdiri dari rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 650.649 unit dan non-MBR sebanyak 220.569 unit. 

Untuk pembangunan rumah MBR yang dibangun Kementerian PUPR sebanyak 226.478 unit, Kementerian lain sebanyak 1.499 unit, dan Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak 33.275 unit. 

Selanjutnya, rumah yang dibangun pengembang sebanyak 376.891 unit, corporate social responsibility (CSR) perumahan sebanyak 642 unit, serta masyarakat 11.864 unit.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, program Sejuta Rumah merupakan bentuk percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan dalam menyediakan hunian layak bagi masyarakat. 

Untuk itu Ditjen Perumahan Kementerian PUPR akan terus menggandeng para pemangku kepentingan bidang perumahan. Hal ini dilakukan agar mereka tetap bersemangat dalam melaksanakan pembangunannya untuk masyarakat, terutama saat Pandemi Covid-19. 

“Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada masa Pandemi Covid-19. Semua elemen masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah baik bersekolah, bekerja, maupun beribadah sehingga rumah sehat harus diwujudkan dengan baik” kata Khalawi. 

Sebagai informasi, Program Sejuta Rumah (PSR) telah berjalan selama enam tahun sejak dicanangkan  oleh Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah pada 29 April 2015 lalu. Jumlah capaian Program Sejuta Rumah hingga akhir 2020 adalah 5.765.387 unit.

Sementara itu, Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Fitrah Nur menerangkan, pihaknya saat ini tengah mendorong pendataan PSR sebagai bagian penting dalam membuat perencanaan dan keputusan serta kebijakan pada proses pembangunan perumahan. (ZH)

 

  

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo