Hingga Juli, Penyerapan Program Padat Karya Tunai PUPR Capai Rp2,46 Triliun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas rumah serta kesempatan kerja bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang terdampak COVID-19. Adapun hingga Juli 2020 ini, Kementerian PUPR telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp2,46 triliun atau 52,5% untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan program bedah rumah.

Program ini dilaksanakan untuk peningkatan kualitas rumah di 449 Kabupaten/Kota dan membangun rumah baru di 151 Kabupaten/Kota dengan alokasi anggaran yang telah dibuat ialah Rp4,69 triliun. Hingga Juli 2020 ini juga, tenaga kerja yang telah terserap melalui program ini adalah sebanyak 101.771 orang.

Baca Juga : Hingga Semester I-2020, 14 Bank Pelaksana Masih Salurkan Dana FLPP di Bawah 50%

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program BSPS ini dilakukan dengan metode Padat Karya Tunai (PKT). Adapun tujuannya untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

“Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk menghuni rumah yang layak, sekaligus membuka lapangan pekerjaan sebagai tukang untuk rehabilitasi rumah. Saya harap, program ini dapat meningkatkan kualitass hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman” kata Basuki.

Salah satu Kabupate yang telah masuk dalam program BSPS tahun 2020 ini adalah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Adapun penyaluran bantuan ke daerah ini dianggarkan sebesar Rp23,62 miliar untuk 1.350 rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di 23 kecamatan. Diharapkan dengan bantuan sebesar Rp17,5 juta per unit rumah tersebut, dapat membuat masyarakat lebih bersemangat lagi dalam membangun rumah yang layak huni. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo