Hingga Mei 2021, PUPR Catat Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 312.290 Unit

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimis untuk terus melaksanakan pembangunan program sejuta rumah. Tercatat hingga Mei 2021, PUPR telah berhasil merealisasikan program sejuta rumah sebanyak 312.290 unit di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, capaian dari program sejuta rumah tersebut terdiri atas 284.970 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan sebanyak 27.320 unit rumah untuk non-MBR.

“Kami optimis angka tersebut akan semakin meningkat karena pelaksanaan pembangunan perumahan serta fasilitas pendukung untuk hunian masyarakat masih terus berjalan di lapangan. Kami juga tetap optimis, pembangunan perumahan dalam program sejuta rumah tetap meningkat hingga akhir tahun” kata Khalawi.

Adapun pembangunan rumah untuk MBR yang dilaksanakan Kementerian PUPR tercatat sebanyak 92.295 unit, pemerintah daerah 23.853 unit, pengembang perumahan 165.471 unit, dan masyarakat 3.351 unit. Sementara itu, untuk rumah non-MBR yang dibangun oleh pengembang sebanyak 18.051 unit dan masyarakat 9.269 unit.

Khalawi menambahkan, terjadinya Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada perekonomian nasional di Indonesia. Untuk itu, program perumahan diharapkan dapat terus berjalan, karena pembangunan rumah dapat membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Selain itu, adanya Program Padat Karya Tunai membuat masyarakat bisa ikut terlibat langsung dalam proses pembangunan di lapangan.

Tak hanya itu, pembangunan rumah juga dapat mendorong sektor industri untuk dapat terus bergerak dan memutar roda perekonomian agar terus meningkat. Pemerintah juga terus mendorong tersedianya hunian layak huni sehingga membantu masyarakat agar tetap sehat dan terhindar dari paparan virus Covid-19. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo