Kemenhub akan Perpanjang Rute MRT Sampai Tangerang Selatan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan memperpancang rute Moda Raya Terpadu (MRT) sampai ke Tangerang Selatan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini proyek tersebut sudah masuk dalam Rancangan Induk Transportasi Jakarta (RITJ).

“RITJ sudah masuk, tapi kita lagi teken tentang pendanaan. Saya harapkan ada KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha) dengan Pemkot Tangsel. Makanya kita set-up rencana itu lebih konkret sehingga investor lebih tertarik” kata Budi.

Budi menambahkan, MRT yang akan dibangun di Tangsel membutuhkan biaya Rp20 triliun. Hitungannya, untuk 1 kilometer (km) jalur MRT menelan biaya sekitar Rp800 miliar sampai Rp1 triliun.

Menurut Budi, dana itu bisa diperoleh apabila ada konstruksi, misalnya pembangunan kawasan terpadu transit oriented development (TOD) yang besar. Pihak yang memiliki TOD harus memberikan subsidi terhadap pengembangan dana.

Baca Juga : Sudah 95 Persen, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Tapin Selesai Tahun Ini

Disisi lain, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diana menyatakan, agar pembangunan lebih cepat, pembangunan proyek MRT ini akan didorong menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kita lagi berusaha masuk ke dalam PSN. Kalau sudah masuk ke PSN nanti ada percepatan. Sepengalaman kami nanti akan ada asistensi dan Bappenas dan Kementerian serta Lembaga terkait” kata Airin.

Saat ini, tahapan pengembangan MRT Tangsel masih berupa pra feasibiliy study (FS) atau pra studi kelayakan yang dibuat oleh PT MRT Jakarta dan sudah diberikan kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodeetabek (BPTJ) Kemenhub. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo