Kemenhub akan Revitalisasi Terminal Amplas dengan Target Satu Tahun Selesai

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan dalam waktu satu tahun bisa merevitalisasi Terminal Bus Tipe A Amplas, Sumatera Utara.

“Di masa datang kita ingin angkutan massal seperti bus menjadi angkutan yang utama. Untuk itu, terminal Amplas ini harus diperbaiki secara bertahap. Rencana perbaikan adalah satu tahun” kata Menteri Perhubungan Budi Karya.

Menhub juga mengatakan bahwa akan meningkatkan kualitas pelayanan di Terminal yang telah diserahkan pengelolaannya kepada Kemenhub dari Pemerintah Daerah pada Juli 2019 tersebut.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp40 miliar untuk melakukan revitalisasi terminal. Selain menggunakan APBN, pengembangan terminal juga akan dilakukan kerja sama dengan pihak swasta.

Selain itu, menurut Menhub, seiring dengan perbaikan terminal harus dilakukan penegakan hukum atau law enforcement agar tidak ada operator bus yang mengangkut penumpang tidak di terminal resmi, seperti di Pool PO Bus atau terminal bayangan.

Dia menegaskan, bus-bus harus ditarik ke Terminal Amplas, karena semakin ramai semakin baik, dan penumpang semakin banyak yang berkunjung. Namun, ketika busnya kurang terawat, sementara bus-bus bagus berupaya eksklusif akan merepotkan pemerintah.

Baca Juga : PUPR : Pembangunan Program Sejuta Rumah di 2019, Tembus 1,25 Juta Unit

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dilakukan dengan cara membangun terminal bus yang lebih nyaman, mengembangkan pusat komersial di area termial, dan mengembangkan sistem penjualan tiket secara online.

Terminal Tipe A Amplas memiliki luas lahan kurang lebih 2,1 hektare. Terminal ini melayani trayek antar kota atar provinsi (AKAP). Terminal ini juga melayani rute ke Bandara Kualanamu. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo