Kementerian PUPR Dorong Pengembang Bangun Hunian Berskala TOD

image

PropertiNews.id, Tangerang – Hunian berskala Transit Oriented Development (TOD) saat ini banyak dicari masyarakat. Kawasan hunian TOD sangat bermanfaat untuk optimalisasi lahan yang ada di kasawan perkotaan serta menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat termasuk pada generasi milenial di masa mendatang. Oleh sebab itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorar Jenderal Perumahan meminta kepada para pengembang di Indonesia untuk ikut andil dan berperan dalam pembangunan hunian berbasis TOD tersebut di berbagai wilayah di Indonesia.

“Hunian berbasis Transit atau TOD merupakan peluang bagi pengembang swasta untuk ikut andil dalam pembangunan perumahan di kawasan perkotaan” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.

Khalawi melanjutkan, untuk mendukung hal tersebut, Kementerian PUPR bersama dengan kementerian/lembaga terkait lainnya siap menggandeng sejumlah asosiasi pengembang perumahan serta para pengusaha guna menyusun konsep agar TOD menjadi menarik bagi masyarakat dan menjadi pasar perumahan yang baik.

Pada tahun 2019 lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian BUMN serta Perumnas telah memulai pembangunan TOD di sejumlah daerah khususnya di simpul – simpul transportasi kawasan Jabodetabek.

Pembangunan TOD ini juga sangat diperlukan untuk menyelaraskan pembangunan perumahan bagi masyarakat di perkotaan. Program TOD akan masuk dalam Renstra Kementerian PUPR 2020-2024 dalam upaya pembangunan perumahan tahun dan perlu implementasi yang baik di lapangan serta mendukung Progam Sejuta Rumah.

Baca Juga: Masa Pandemi, Jakarta Utara Menjadi Lokasi Tertinggi Tren Pencarian Properti Via Daring

Khalawi juga menambahkan, pihak yang kini tengah menyusun kerangka kebijakan operasional dalam pembangunan TOD untuk optimalisasi penggunaan lahan yang terintegrasi dengan simpul trasportasi yang ada. Bahkan, TOD yang dibangun secara vertikal juga menjadi hunian layak bagi masyarakat dan membantu masyarakat di perkotaan agar lebih mudah dalam mobilisasi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo