Kementerian PUPR Salurkan Program BSPS untuk 7.089 Unit RTLH di Bireuen, Aceh

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  terus melakukan upaya untuk meminimalisir adanya rumah tak layak huni (RTLH) di seluruh wilayah di Indonesia. Oleh sebab itu, Kementerian PUPR meluncurkan berbagai program untuk dapat merealisasikan hal tersebut. Kali ini Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan memberikan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 7.089 unit rumah tak layak huni di Kabupaten Bireuen, Aceh.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Teuku Faisal Riza mengatakan, pada tahun ini pihaknya siap menyalurkan dana program BSPS ke 7.089 unit RTLH di Kabupaten Bireuen dengan penyebaran lokasi di sembilan kecamatan. Seperti, Pandrah, Mamplam, Simpang Mamplam, Peusangan, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Makmur, Peulimbang dan Samalanga. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, melalui program ini, setiap unit akan mendapatkan bantuan stimulant senilai Rp20 juta untuk pembelian bahan bangunan dan upah tukang.

“Program BSPS ini akan mampu mengubah rumah masyarakat berpenghasilan rendah yang sebelumnya tidak layak huni menjadi lebih layak huni dan sehat” kata Khalawi dalam keterangan tertulisnya.

Khalawi menambahkan, program BSPS ini sangat dibutuhkan masyarakat di masa pandemi ini. Hasil pembangunan Program BSPS atau yang lebih dikenal dengan program bedah rumah adalah rumah yang memenuhi persyaratan keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan, dan kesehatan penghuninya.

Adapun beberapa persyaratan atau kriteria masyarakat yang bisa menerima bantuan BSPS ini antara lain, WNI yang sudah berkeluarga, memiliki / menguasai tanah dengan hak yang sah, menempati satu – satunya rumah tidak layak huni, belum pernah memperoleh program BSPS atau bantuan program perumahan, memiliki penhasilan di bawah upah minimun provinsi (UMP). (ZH)

   

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo