Kuartal I/2020, Investasi Properti Asia Pasifik Menurun 26 Persen Dibanding Tahun Lalu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Investasi propersi khususnya real estate komersial di Asia Pasifik mengalami penurunan pada kuartal I/2020. Penurunan terjadi bahkan hingga 26 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Melemahnya nilai investasi properti ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Menurut data terbaru dari laporan JLL Global Capital Flows, volume transaksi real estate Asia Pasifik turun menjadi USD34 miliar di kuartal pertama 2020 ini. bahkan investasi menurun hingga 60% dibanding tahun lalu pada beberapa negara Asia Pasifik seperti China, Hongkong, dan Singapura.

Sedangkan untuk Jepang dan Korea Selatan merupakan negara di Asia Pasifik yang mengalami dampak paling kecil. Kegiatan investasi tidak banyak berubah atau sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu.

CEO Capital Markets JLL Asia Pasifik Stuart Crow mengatakan, penurunan volume transaksi Asia Pasifik di kuartal pertama ini sudah diperkirakan. Terlebih melihat situasi saat ini.

“Kegiatan investasi di Jepang tetap tangguh, namun tetap datar dibanding tahun lalu. Sementara untuk negara lainnya, kami melihat penurunan aktivitas ini berlanjut ke kuartal II, dengan volume perdagangan yang cenderung bangkit kembali dan menguat di paruh kedua tahun ini” kata Stuart.

Baca Juga : KPR Kian Mudah, Punya Properti Tidak Lagi Susah

Banyak investor yang telah menghentikan aktivitas karena kondisi ekonomi yang tidak menentu sehingga banyak juga kesepakatan bisnis yang terpengaruh. Di lain sisi, banyak juga investor yang bermodal besar menunggu peluang, dan dislokasi di pasar akan menciptakan banyak kesepakatan pada sebagian besar sektor.

Semua sektor real estate komersial dipengaruhi oleh Covid-19 pada kuartal I ini dengan tingk aliran investasi yang bervariasi dibanding dengan tahun lalu. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo