Kucurkan Dana Rp58,2 Miliar, PUPR Bangun Sarhunta di Borobudur untuk Tingkatkan Wisatawan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Untuk mendorong potensi wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Jawa Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana Rp58,2 miliar untuk membangun sarana hunian pariwisata (Sarhunta). Tak hanya pembangunan infrastruktur, pembangunan hunian di daerah wisata juga menjadi penting agar menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan Sarhunta di KSPN Borobudur dilakukan untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata.

Sarhunta dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas rumah masyarakat di sepanjang koridor tempat pariwisata sekaligus dapat menjadi homestay bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin menikmati keindahan candi Borobudur.

Adanya penataan koridor dan program homestay diharapkan mampu menciptakan penataan ruang dan kebutuhan publik yang sesuai dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah. Program Sarhunta ini sangat bagus untuk mengembangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca Juga: Sandang Status Green Building dan Sabet Gelar EDGE, Pembangunan Samara Suites Dipercepat

Adapun jumlah Sarhunta yang dibangun di KSPN Borobudur adalah sebanyak 733 unit yang terbagi sebanyak 355 unit pembangunan koridor sedangkan homestay sebanyak 378 unit yang terbagi menjadi tiga tahap pembangunan. Tahap I sebanyak 80 unit, tahap II sebanyak 115 unit, tahap III sebanyak 183 unit, dan tersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Mungkit.

“Selain infrastruktur jalan, sarana air bersih dan juga yang terpenting dalam kawasan wisata adalah mengubah wajah rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak huni dan juga multifungsi, yaitu selain untuk menjadi tempat tinggal yang layak dapat juga menjadi tempat usaha seperti rumah sewa atau homestay” kata Khalawi.

Untuk progres pembangunan homestay tahap I telah mencapai 80 persen dan dipastikan akan selesai dua minggu ke depan. Sedangkan untuk tahap II masih 15 persen dan tahap III baru akan berjalan. Diperkirakan 298 unit tersebut akan selesai di bulan Desember. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo