Lama Tak Dihuni, PUPR akan Serahkan Wisma Atlet Kemayoran ke Setneg

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sudah setahun lebih setelah perhelatan Asian Games 2018 di Wisma Atlet Kemayoran. Wisma Atlet Kamayoran di Jakarta Pusat kini dalam kondisi sepi tanpa penghuni. Bangunan yang terdiri dari sepuluh tower tersebut juga menjadi terkesan kumuh dan tidak terawat.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melakukan serah terima aset bangunan Wisma Atlet Kemayoran kepada pihak Sekretariat Negara.

“Kami harap serah terima aset Wisma Atlet Kemayoran kepada Sekneg bisa segera terlaksana dalam waktu dekat.” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.

Usai digunakan untuk mendukung penyelenggaraan acara akbar olahraga, sepuluh tower yang ada pada wisma sempat disebut-sebut akan digunakan sebagai rumah dinas PNS. Khalawi juga menyebutkan, saat ini Kementerian PUPR dan Sekretariat Negara masih melakukan pendataan aset yang ada di Wisma Atlet Kemayoran terkait dengan hal tersebut.

Wisma Atlet Kemayoran dikabarkan belum dapat difungsikan sebagaimana tujuannya, karena aset bangunannya sendiri belum diserahterimakan kepada sang pemilik, yakni Sekretariat Negara. Kementerian PUPR dan Setneg juga masih melengkapi berkas administrasi serta berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan guna mempercepat proses serah terima aset Barang Milik Negara (BMN) tersebut. Padahal, proses penyerahterimaan aset ini telah dilakukan lebih dari setahun yang lalu.

Lebih lanjut, Khalawi juga menyatakan bahwa saat ini proses pemeliharaan bangunan tingkat tinggi Wisma Atlet Kemayoran masih dilakukan oleh Kementerian PUPR. Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan pemeliharaan peralatan di dalam gedung seperti lift dan berbagai perangkat lainnya.

Baca Juga : Telah Rampung, Underpass NYIA akan Diuji Coba Besok

Wisma Atlet Kemayoran dibangun oleh Kementerian PUPR sejak tahun 2016. Wisma ini terdiri dari sepuluh tower yang berisikan 7.426 unit hunian dengan kapasitas 22.278 orang. Berdiri di atas lahan seluas 10,6 hektar dengan total dana pembangunan mencapai Rp3,4 triliun, wisma ini memiliki beberapa aset di dalam setiap kamar yang terdiri dari dapur, kamar mandi, dua tempat tidur, meja, kursi, dan AC, yang masih berfungsi normal.(ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo