Lima Kecamatan di Kabupaten Banyuasin Dapat Bantuan Perbaikan 661 RTLH

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk meminimalisir rumah tak layak huni (RTLH) di Indonesia. Melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan program Bedah Rumah, Kementerian PUPR memperbaiki sebanyak 661 unit RTLH di lima Kecamatan, di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menyatakan, program BSPS Kementerian PUPR ini diharapkan dapat mengubah RTLH menjadi rumah layak huni sekaligus membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya beli masyarakat di daerah.

“Program BSPS hanya stimulan agar masyarakat mau mengubah rumahnya yang tidak layak huni menjadi layak huni. Tentunya dengan mendorong keswadayaan pemilik rumah serta gotong royong antar warga sekitar dan pemerintah daerah setempat” kata Khalawi.

Untuk merealisasikan program BSPS ini di Kabupaten Banyuasin, Kementerian PUPR menggelontorkan dana sebesar Rp11,567 miliar. Pelaksanaan Program BSPS ini dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga: Stok Infrastruktur RI Masih di Bawah Standar Global Kendati Ada Peningkatan

Berdasarkan data yang ada, 661 unit rumah warga kurang mampu di Kabupaten Banyuasin yang mendapatkan Program BSPS tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Muara Padang sebanyak 350 unit, Muara Telang sebanyak 50 unit, Makarti Jaya sebanyak 32 unit, Rantau Bayur sebanyak 68 unit, dan Sembawa sebanyak 151 unit.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, A. Darwin menjelaskan, masyarakat di Kabupaten Banyuasin sangat antusias dalam melaksanakan Program Bedah Rumah ini.

“Rumah yang sebelumnya kondisinya sangat tidak layak untuk dihuni kini sudah berubah dan dibangun dengan baik bahkan kini sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet”, kata Darwis.

Salah satu masyarakat di Desa Sugihan Kecamatan Muara Padang menyampaikan bahwa dirinya dan masyarakat lain yang menerima bantuan perumahan sangat berterimakasih kepada Kementerian PUPR dan Pemda setempat serta para petugas pendamping yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo