Lima Rusun di Yogyakarta Senilai Rp113,83 Miliar Rampung Dikerjakan PUPR

image

PropertiNews.id, Tangerang – Program Rumah Susun (Rusun) Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus digalakkan untuk meningkatkan penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat. Pada tahun 2020 – 2021 ini, Kementerian PUPR bahkan telah menyelesaikan pembangunan lima rusun di Provinsi Yogyakarta dengan total  anggaran sebesar Rp113,83 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), mahasiswa, santri di pondok pesantren pembangunan rusun juga untuk TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Diharapkan dengan penyediaan hunian yang layak berupa rusun dapat memberikan kontribusi nyata bagi produktivitas ASN dalam bekerja.

“Ini merupakan bukti bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak. Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiiki rumah yang lebih layak, sehat, dan nyaman”, kata Basuki.

Adapun empat rusun yang dibangun PUPR di Yogyakarta diantaranya merupakan rusun untuk lembaga pendidikan yaitu Rusun Asmara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 1 tower yang terdiri dari 43 unit dengan biaya sebesar Rp14,4 miliar dari APBN ta 2020, Rusun Pondok Pesantren Ali Maksum yang dibangun dengan tipe barak santri sebanyak 1 tower dan terdiri dari 8 unit dengan biaya APBN TA 2020 sebesar Rp7,95 miliar, Rusun Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah sebanyak 1 tower yang terdiri atas 86 unit dan memakan biaya APBN TA 2020 sebesar Rp22,83 miliar, serta Rusun Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebanyak 1 tower yang terdiri dari 43 unit dan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp15,79 miliar menggunakan APBN TA 2020.

Sedangkan satu rusun lainnya yang dibangun merupakan Rusun ASN Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak sebanyak 1 tower yang terdiri atas 68 unit dan ditujukan untuk para ASN yang bertugas dari luar daerah dan belum memiliki tempat tinggal. Adapun anggaran yang digunakan adalah sebesar Rp52.86 miliar menggunakan APBN TA 2020.

Setiap unit rusun telah dilengkapi dengan furnitur berupa tempat tidur utama, tempat tidur susun, sofa, lemari, dan kursi. Pada rusun juga telah terdapat sarana seperti ruang serbaguna, ruang pengelola dan mushola. (ZH)

      

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo