Luhut: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Molor Dari Target Awal Karena Corona

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Pelaksana tugas sementara Menteri Perhubungan, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan molor dari target penyelesaian yakni 2021, karena adanya pandemi COVID-19 atau virus corona.

“(Target) Kereta Api Cepat Jakarta itu perlu direschedule. Karena kan itu berhenti juga sekarang, tidak banyak kegiatan. Pasti tertunda. Overcost-nya masih kita hitung akibat tertunda. Tapi kalau (kereta semi cepat) Jakarta-Surabaya belum kami bicarakan” kata Luhut.

Luhut juga belum bisa memastikan sampai kapan proyek ini akan molor. Mengenai keterlibatan pekerja China, dia juga mengaku heran masih ada orang yang mempertanyakan legalitas mereka, termasuk pada proyek-proyek lain.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung kembali dilanjutkan setelah sempat dihentikan selama dua minggu sejak awal Maret 2020 karena pandemi.

Namun, pasca menyebarnya virus corona di Indonesia, tidak terlihat ada kegiatan pembangunan kembali. Di sisi lain, setelah kembali normal, diharapkan konstruksi keceta cepat dapat dilakukan percepatan pengerjaan sehingga dapat tetap bisa selesai sesuai jadwal.

Baca Juga : Progres Pembangunan LRT Jabodebek Tahap I Sudah Capai 70,9%

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sendiri disebut sudah melakukan berbagai rekomendasi yang diminta oleh Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian PUPR, sehingga proyek sudah bisa dilanjutkan kembali.

Hal itu dilakukan karena sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kelanjutan pengerjaan kereta cepat ini masih bisa berlangsung selama pandemi namun harus tetap mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku.

Molornya pengerjaan proyek ini juga disebabkan karena terhambatnya arus logistik bahan baku dari China. Selain itu, sejumlah pekerja khususnya yang menduduki level manajemen, masih tertahan di Negeri Tirai Bambu pasca libur Imlek karena wabah ini. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo