Masa Pandemi, 21.501 Unit Apartemen di Jakarta Tak Laku Dijual

image

Propertinews.id, TangerangDi masa pandemi, perekonomian Tanah Air, khususnya di sektor properti masih terkesan loyo dan belum bangkit dari keterpurukannya. Hal ini terlihat dari penjualan apartemen di Jakarta yang tak kunjung mengalami perbaikan.

Parahnya lagi, menurut laporan dari Leads Property Indonesia, setidaknya ada 21.501 apartemen yang tidak laku di pasaran hingga 31 Agustus 2020. Jika dirincikan, sebanyak 4.838 unit merupakan apartemen kelas menenga kebawah yang dibanderol dengan rentan harga Rp 16 juta-Rp20 juta per meter persegi.

Selanjutnya, 10.554 unit merupakan apartemen kelas menengah ke atas dengan kisaran harga antara Rp 20 juta-Rp 40 juta per meter persegi. Dan sisanya merupakan apartemen kelas atas yang memiliki rentan harga di atas Rp 40 juta per meter persegi.

Jika dirincikan per wilayah, kawasan Jakarta Selatan mendominasi apartemen tak laku dengan jumlah mencapai 9.186 unit, disusul oleh Jakarta Barat dengan 5.927 unit, Jakarta Utara dengan 2.234 unit, serta Jakarta Pusat dengan jumlah 1.441 unit.

Menanggapi hal tersebut, CELO Leads Property Indinesia, Hendra Hartono menyebut jika faktor perlambatan yang terjadi sejak tiga tahun terakhir akibat pandemi dan ekonomi global. Selain itu, kondisi pengetatan Kredit Pemilikan Apartemen memperkeruh keadaan sektor properti.

"Ketatnya penyaluran KPA yang bergantung pada kebijakan masing-masing bank sangat berpengaruh. Langkah ini sebagai seleksi ya," ujar Hendra, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Kendati adanya aturan ketat mengenai KPA, Hendra mengatakan bahwa masih ada pihak bank yang murah hati untuk menyalurkan KPA dengan persyaratan yang tidak terlalu ketat.

Dengan pandemi seperti sekarang ini, para pengembang nampaknya masih akan mengalami kesulitan dalam melakukan penjualan properti. (MDA)


Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo